sign up SIGN UP search


kehamilan

Mimpi Melahirkan Tapi Bayi Belum Lahir, Apa Artinya Bun?

Tim HaiBunda   |   Haibunda Minggu, 17 Jul 2022 19:35 WIB
Ilustrasi menyusui usai melahirkan caption
Jakarta -

Bunda tentunya pernah mengalami mimpi yang aneh termasuk mimpi sedang melahirkan. Mimpi sendiri diartikan sebagai pengalaman psikologis dalam tidur seseorang.

Nah, seperti yang dilansir dari laman Bustle, mimpi melahirkan memiliki arti dimulainya kehidupan baru. Ini bisa terjadi pada calon ibu, lho! Mimpi mau melahirkan, tapi belum lahir pasti bikin penasaran apa maknanya, yuk, simak penjelasannya!

Bermimpi seperti itu wajar saat kehamilan, apalagi jika mengandung anak pertama. Sebab, melahirkan merupakan momen yang membahagiakan sekaligus menegangkan untuk Bunda.


Banner Sayuran yang Dilarang untuk Bumil

Oleh karena itu, jika wanita yang tidak hamil bermimpi mau melahirkan akan berbeda pula artinya. Ya, itu berarti akan ada perubahan dalam hidupnya. Mimpi mau melahirkan, tapi belum lahir bisa menjadi pertanda baik maupun pertanda buruk.

Ya, pada dasarnya ada dua makna tentang mimpi tersebut. Pertama, mimpi melahirkan bisa menjadi tanda akan ada awal yang baru. Ini akan membawa dampak positif dalam kenyataan. Pertama, bermulanya fase hidup Bunda hingga merasa puas dan bahagia. Kedua, mimpi ini bisa berarti akan ada perubahan besar jika yang memimpikannya berstatus lajang.

Arti mimpi melahirkan menurut psikologis

Di balik itu, mimpi merupakan jenis kegiatan alam bawah sadar yang berkaitan dengan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, maupun indra lain dalam tidur.

Terlebih jika saat tidur ada gerakan mata yang cepat atau REM (rapid eye movement). Kaitannya dengan kehamilan, mimpi melahirkan sering terjadi karena yang bermimpi sedang hamil.

Hemm, Bunda pasti merasa selama kehamilan hormon yang sering berubah sehingga bisa meningkatkan kelelahan dan menyebabkan Bunda sering tidur bahkan bermimpi. Dalam hal ini, sebuah studi pada tahun 2001 yang berjudul Women's Dreams Reported During First Pregnancy, menyatakan bahwa ibu hamil mempunyai kecenderungan bermimpi tentang kehamilan atau persalinan daripada yang tidak hamil.

Arti mimpi melahirkan menurut Islam

Nah, setelah membahas makna melahirkan dari sisi psikologis, yuk, kita kupas makna mau melahirkan, tapi belum lahir dari pandangan Islam.

Dalam Islam, mimpi melahirkan menjadi pertanda baik. Ya, salah satunya disampaikan dari kanal YouTube Harakah Islamiyah, dalam kitab Jami' al-Ahlam dijelaskan mimpi melahirkan dialami oleh perempuan itu pertanda akan bertambahnya harta atau rezeki.

Pada intinya, mimpi melahirkan mempunyai makna yang baik seperti yang disampaikan dalam Al-Qur'an Surah Yunus ayat 107 SWT berfirman, yang artinya:

"Jika Allah menimpakan sesuatu kemudaratan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tak ada yang dapat menolak kurnia-Nya. Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Jadi, Bunda tidak perlu gelisah menafsirkan mimpi mau melahirkan, tapi belum lahir sebagai pertanda buruk. Sebab, jika Allah SWT sudah memberi kenikmatan, tidak ada yang bisa menghalanginya.

Mimpi seperti itu bisa disebabkan perubahan hormonal Bunda semasa kehamilan terlebih mendekati HPL (hari perkiraan lahir), bisa takut menghadapi kelahiran atau menantikannya. Jadi, apa Bunda juga pernah bermimpi melahirkan?(PK)

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 10 hal yang harus dihindari saat hamil 8 bulan.

[Gambas:Video Haibunda]



(pri/pri)
kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!