sign up SIGN UP search


kehamilan

Inilah Daftar 6 Jenis Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Tim HaiBunda   |   Haibunda Sabtu, 09 Jul 2022 11:10 WIB
Ibu hamil makan caption
Jakarta -

Selama masa kehamilan berlangsung, penting bagi para ibu hamil untuk selalu menjaga kondisi kesehatan diri sendiri serta janin di dalam kandungan. Salah satunya yakni dengan memperhatikan asupan makanan harian yang dikonsumsi setiap hari.

Berbicara mengenai asupan makanan yang baik untuk ibu hamil, tahukah Bunda bahwa ternyata ada beberapa jenis sayuran yang dilarang untuk ibu hamil lho.

Penasaran apa saja daftar sayuran yang tidak boleh dikonsumsi selama masa kehamilan, simak penjabaran lengkapnya di artikel berikut ini ya, Bun!


Banner Perjuangan Hamil Anisa RahmaFoto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Berapa banyak porsi asupan sayuran untuk dikonsumsi ibu hamil dalam sehari?

Sangat penting bagi seseorang untuk mengonsumsi sayur-sayuran setiap hari demi menjaga kesehatan tubuh. Terutama dalam kondisi hamil di mana para Bunda hamil wajib mengonsumsi asupan sayuran selama masa kehamilan demi menunjang kesehatan diri sendiri dan bayi di dalam kandungan.

Ini dikarenakan dalam setiap jenis sayuran mengandung berbagai zat penting seperti serta, vitamin, mineral hingga protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Terlebih lagi, para ibu hamil juga membutuhkan banyak asupan vitamin C, asam folat serta zat besi selama masa kehamilan berlangsung.

Terlepas dari hal tersebut, tahukah Bunda bahwa ternyata ada anjuran tersendiri mengenai porsi sayuran yang harus dikonsumsi ibu hamil dalam sehari agar kebutuhannya dapat terpenuhi secara optimal? Menurut anjuran WHO, porsi asupan sayuran yang dibutuhkan untuk ibu hamil dalam sehari yakni sebanyak lima porsi. Di mana jumlah porsi tersebut setara dengan kurang lebih 400 gram sayur-sayuran yang dikonsumsi dalam sehari.

Jenis sayuran yang dilarang untuk ibu hamil

Meskipun ibu hamil dikatakan sangat penting untuk mengonsumsi sayur-sayuran demi menunjang kesehatan tubuh dan janin di dalam kandungan, Bunda hamil juga perlu berhati-hati dalam memilih sayuran yang dikonsumsi. Sebab, tidak semua sayuran yang dijual di pasaran bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut ini, Bun enam jenis sayuran yang sebaiknya tidak dikonsumsi ibu hamil antara lain:

1. Tauge mentah

Salah satu sayuran yang tidak boleh dikonsumsi selama masa kehamilan yakni tauge mentah. Hal ini lantaran lingkungan yang lembap yang dibutuhkan benih untuk mulai bertunas, sangat ideal untuk pertumbuhan bakteri dalam tauge. Maka dari itu, sebaiknya jangan mengonsumsi tauge dalam keadaan mentah. Jika Bunda ingin mengonsumsinya, pastikan sudah dicuci bersih dan dimasak hingga matang.

2. Pare

Ketika masa kehamilan berlangsung, alangkah lebih baiknya menghindari mengonsumsi pare lantaran dapat menyebabkan efek samping seperti sakit kepala, sakit perut, diare, dan kram. Tidak hanya itu, pare juga dikatakan bahaya dikonsumsi saat masa kehamilan atau saat ibu menyusui lantaran dapat mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh.

3. Daun pepaya

Sayuran yang tidak boleh dikonsumsi selanjutnya yakni daun pepaya. Alasannya lantaran menurut penelitian mengatakan bahwa ekstrak daun pepaya memiliki kandungan zat aktif yang dapat menjadi racun bagi rahim dalam kandungan.

4. Olahan sayur pepaya muda

Sangat penting bagi ibu hamil menghindari olahan sayur pepaya muda, apalagi yang masih mentah. Sebab, pepaya mentah memiliki kandungan getah yang berbahaya dan dapat memicu kontraksi uterus sehingga menyebabkan persalinan dini.

5. Pete

Umumnya mengonsumsi pete tidak sepenuhnya dilarang bagi ibu hamil. Akan tetapi, jika mengonsumsinya dalam kadar yang berlebihan justru akan sangat berbahaya lantaran dalam menyebabkan efek buruk pada ginjal yang dipaksa untuk bekerja lebih keras.

6. Jengkol

Sayuran yang menimbulkan bau tidak sedap ini juga dilarang untuk dikonsumsi selama masa kehamilan lantaran terdapat kandungan berbahaya bernama asam jengkolat. Kandungan asam inilah yang nantinya dapat mengakibatkan keracunan jika menumpuk di dalam ginjal. Sehingga jika terjadi penumpukan, maka akan membentuk kristal tajam dalam ginjal dan bisa merobek dinding saluran kemih.

Tips mengolah sayuran yang tepat untuk dikonsumsi ibu hamil

Dalam mengonsumsi sayuran khusus ibu hamil, umumnya ada beberapa tips yang harus dilakukan agar aman dikonsumsi. Beberapa tips cara pengolahan sayuran yang benar yakni sebagai berikut:

  • Pastikan mencuci sayuran di bawah air mengalir dan bersihkan hingga ke sela-sela agar tanah yang menempel agar benar-benar hilang.
  • Hindari mencuci sayuran dengan sabun atau sejenisnya.
  • Selalu pastikan tangan dalam kondisi bersih sebelum mengolah sayuran yang akan dimasak.
  • Olah sayuran dengan cara direbus atau ditumis sesuai selera dan pastikan menggunakan bumbu secukupnya agar tidak berisiko terkena penyakit.

Demikianlah ulasan menarik seputar beberapa jenis sayuran yang dilarang untuk ibu hamil konsumsi yang wajib diperhatikan dan dipahami agar menunjang kesehatan tubuh dan janin di dalam kandungan. Namun begitu, tidak ada salahnya apabila Bunda mengetahui mengenai jenis sayuran yang diperbolehkan untuk dikonsumsi ibu hamil.

Mengonsumsi sayuran hijau dengan porsi yang sesuai dengan anjuran sangat dibutuhkan bagi tubuh untuk mencegah kelelahan, pusing serta anemia bagi para ibu hamil. Berikut ini daftar sayuran yang baik dikonsumsi ibu hamil berikut ini.

1. Bayam

Memiliki kandungan nutrisi mulai dari vitamin A, C, K, zat besi dan asam folat, bayam sangat penting dikonsumsi ibu hamil lantaran dapat membantu mengurangi rasa lelah dan menyegarkan badan.

2. Jagung

Sayuran ini memiliki manfaat yang penting untuk kehamilan di usia muda. Dengan kandungan vitamin B12 dan kalium di dalamnya, mengonsumsi jagung dapat berguna untuk menjaga daya tahan tubuh dan sebagai penambah darah. Tidak hanya itu saja, jagung juga menjadi sumber protein nabati yang bisa dikonsumsi setiap hari dengan cara pengolahan direbus atau dibuat sayur.

3. Brokoli

Sayuran yang boleh dikonsumsi ibu hamil selanjutnya yakni brokoli yang mana mengandung banyak mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh dan janin dalam kandungan. Seperti halnya bayam, brokoli juga mengandung vitamin A, C, K serta asam folat yang dapat berguna untuk membantu pertumbuhan dan tulang pada janin.

4. Daun katuk

Bunda tentu pernah atau bahkan sering mendengar jika sayuran daun katuk ini sangat bagus dikonsumsi bagi ibu hamil, bukan? Ya, daun katuk ini sendiri merupakan sayuran yang banyak mengandung nutrisi. Dengan mengonsumsi daun katuk, maka dapat berguna untuk melancarkan persiapan ASI bagi ibu hamil menjelang persalinan.

5. Wortel

Seperti yang kita ketahui, bahwa wortel memiliki banyak sekali kandungan vitamin A di dalamnya. Bagi ibu hamil yang usia kehamilannya masih berada di trimester awal, sangat disarankan untuk banyak mengonsumsi wortel ini. Dikarenakan wortel sendiri bermanfaat untuk membantu perkembangan organ pada si janin.

6. Buncis

Bunda hamil dapat memperoleh kebutuhan asam folat dan kalsium dengan mengonsumsi jenis kacang-kacangan dari buncis. Cukup mengolah buncis dengan cara direbus atau ditumis, maka ibu hamil akan memperoleh manfaat besar dari sayuran ini. Meski demikian, pastikan memasak sayuran ini tidak banyak memberi racikan garam agar tidak berisiko terkena darah tinggi pada masa kehamilan.

Demikian penjelasan yang bisa Bunda terapkan mengenai jenis sayuran yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Apabila Bunda menyukai beberapa jenis sayuran tersebut sangat disarankan untuk berkonsultasi lebih dulu ya sebelum diolah menjadi makanan. Selamat mencoba, Bun. (PK)

Simak juga video berikut mengenai bahan makanan yang bisa picu hipertensi pada ibu hamil

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!