sign up SIGN UP search


kehamilan

Posisi Tidur Bumil Ternyata Berkaitan dengan Risiko Kematian Janin, Waspada Ya

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Senin, 25 Jul 2022 19:55 WIB
Ilustrasi hamil tidur atau mimpi caption
Jakarta -

Bukan hanya dalam hal asupan, aktivitas, dan kontrol rutin, posisi tidur ibu hamil ternyata juga memberi pengaruh cukup signifikan pada tumbuh kembang janin dalam rahim Bunda. 

Untuk itu, ada beberapa posisi tidur yang disarankan bahkan dilarang saat hamil. Melansir Webmd, ibu hamil sering disarankan tidur miring ke kiri untuk mengurangi risiko kematian janin.

Hal itu karena posisi tersebut dapat meningkatkan aliran darah ke plasenta sehingga janin akan memperoleh aliran darah dengan optimal.


Selain itu, posisi ini dapat mencegah rahim menekan organ hati yang terletak di bagian kanan perut, Bunda.
 
Lantas, bagaimana posisi tidur yang sebaiknya Bunda hindari karena berkontribusi pada keberlangsungan janin? Simak terus yuk. 

Posisi tidur untuk ibu hamil

Masih melalui ulasan WebMD, Dr. Nathan Fox, profesor klinis asosiasi dalam ilmu kebidanan, ginekologi dan reproduksi di Icahn School of Medicine di Mount Sinai di New York City menjelaskan terdapat fenomena yang diketahui dapat membatasi aliran darah selama persalinan jika seorang wanita berbaring telentang, Bunda. 
 
Pada akhir kehamilan, rahim Bunda dan janin menempati sebagian besar tubuh. Jika Bunda berbaring telentang selama persalinan, mungkin untuk menekan pembuluh darah di bawahnya. Itu bisa menyebabkan penurunan sirkulasi dan penurunan detak jantung bayi. "Untuk mengatasi ini, Bunda disarankan mengambil posisi sedikit menyamping," kata Fox. 
 
Hal ini disarankan bukan tanpa pendekatan ilmiah, Bunda. Sebab para peneliti sebelumnya menduga bahwa mungkin posisi tidur tertentu mempunyai korelasi pada kematian janin dalam kandungan.

Penelitian sebelumnya meminta wanita yang mengalami keguguran untuk mencoba mengingat bagaimana mereka tidur saat hamil. Studi tersebut menemukan hubungan yang signifikan antara posisi tidur tertentu, seperti telentang, dan kematian janin atau keguguran.
 
Para peneliti mencari sejumlah hasil kehamilan yang merugikan, termasuk lahir mati, gangguan tekanan darah tinggi, dan memiliki bayi kecil untuk usia kehamilannya. Sebanyak 22 persen wanita dalam penelitian, menunjukkan korelasi posisi tidur dengan kondisi tersebut, Bunda. Namun ketika peneliti membandingkan komplikasi kehamilan dengan posisi tidur wanita, mereka tidak menemukan kaitannya.

Meski begitu, Dr. Robert Silver, ketua kebidanan dan ginekologi di Fakultas Kedokteran Universitas Utah, mengatakan penelitian tersebut perlu dilakukan pada kehamilan selanjutnya untuk melihat apakah hasilnya sama.

"Wanita harus mencoba tidur dalam posisi apa pun yang paling nyaman bagi mereka," ujarnya. 
 
Agar Bunda bisa lebih aman dan janin juga bertumbuh kembang dengan baik dalam rahim, penting bagi Bunda untuk meminta rekomendasi tenaga medis ya jika Bunda ragu atau untuk memastikan informasi yang Bunda peroleh. 

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang posisi tidur ibu hamil, mana yang paling nyaman?

[Gambas:Video Haibunda]



POSISI TIDUR TERBAIK UNTUK SETIAP TRIMESTER KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!