sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Posisi Tidur Terbaik untuk Ibu Hamil

Siti Hafadzoh Rabu, 13 May 2020 09:05 WIB
Woman in her early thirties is pregnant and due date is in few months. Healthy woman in living stress free life, going to medical checks and ultra sound checks, relaxation exercises and prepares food full of vitamins in order to have strong and healthy baby. Newborn baby girl is loved so much. caption
Jakarta - Berbagai posisi tidur membuat Bunda sedang hamil merasa tidak nyaman dan serba salah. Itu sebabnya, Bunda perlu mengetahui posisi tidur paling baik saat hamil.

Selain posisi tidur, cara bangun dari tempat tidur juga perlu diketahui nih, Bun. Menurut terapis fisik Dr Rachel Gelman, sebaiknya tidak memutar punggung saat bangun dari tempat tidur.


Caranya adalah tekuk lutut dan berguling ke samping tanpa memutar tubuh. Kemudian, ayunkan kaki di sisi tempat tidur. Lalu gunakan tangan untuk membantu mendorong tubuh.


"Semuanya harus bergerak bersama," kata Gelman dikutip dari Romper.

ilustrasi ibu hamil tidurIlustrasi ibu hamil tidur/ Foto: iStock

Supaya Bunda tidur lebih nyaman, ikuti posisiĀ tidur paling baik untuk ibu hamil berikut ini.

1. Trimester pertama

Dikutip dari Mom Junction, pada trimester pertama, Bunda akan mengalami hormon yang naik turun. Ini akan membuat Bunda merasa lelah, moody, mual, cemas, tidak nyaman, dan buang air kecil.

Nah, di trimester pertama, posisi tidur yang baik adalah menghadap sisi kanan atau kiri. Tapi, yang lebih direkomendasikan menghadap kiri.

2. Trimester dua

Bunda akan merasakan gejala yang berbeda pada trimester dua. Misalnya, dada panas (heartburn) dan sakit kepala.

Tidur terlentang ketika trimester dua malah dapat menyebabkan nyeri punggung, Bun. Sebaiknya, Bunda tidur menghadap ke kanan.


3. Trimester tiga

Memasuki trimester tiga, Bunda mungkin sulit bergerak. Tidur dengan posisi tengkurap dan terlentang tidak mungkin pada trimester ini.

Posisi tidur paling baik untuk ibu hamil adalah dengan menghadap ke kiri. Posisi tidur ini dapat meningkatkan aliran darah ke janin yang ada di kandungan.

Lihat juga ciri hamil dilihat dari kulit berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi