sign up SIGN UP search


kehamilan

Perlukah Ibu Hamil Positif COVID-19 Diberikan Antibiotik?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Sabtu, 20 Aug 2022 07:00 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil Minum Obat caption
Jakarta -

Kasus COVID-19 di Indonesia kembali menjadi sorotan. Selama beberapa pekan terakhir, kasus COVID-19 di Indonesia mengalami kenaikan, Bunda.

Sejak awal kasus COVID-19 ditemukan, ibu hamil atau bumil menjadi salah satu kelompok yang rentan terpapar. Di Indonesia sendiri, kasus ibu hamil positif COVID-19 sudah banyak ditemukan.

Hingga kini, pemerintah sudah mengizinkan beberapa penggunaan darurat obat untuk pasien COVID-19. Tapi, tak ada daftar obat antibiotik di dalam penggunaan darurat ini.


Seperti kita tahu, antibiotik kerap dijuluki 'obat dewa' karena dianggap bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Penggunaan antibiotik juga dapat diberikan pada Bunda hamil dengan indikasi tertentu.

Lalu sebenarnya perlu enggak sih Bunda hamil yang positif COVID-19 diberikan antibiotik? Adakah manfaat obat ini dalam melawan virus penyebab COVID-19?

Antibiotik untuk pasien COVID-19

Menurut NHS Inggris, antibiotik digunakan untuk mengobati atau mencegah beberapa jenis infeksi bakteri. Obat ini bekerja dengan cara membunuh bakteri atau mencegahnya menyebar di tubuh. Tetapi, antibiotik tidak bisa digunakan untuk segala jenis penyakit.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan bahwa penyakit COVID-19 disebabkan oleh virus, bukan oleh bakteri. Artinya, antibiotik tidak bisa digunakan untuk melawan virus penyebab COVID-19, Bunda.

"Virus penyebab COVID-19 termasuk keluarga virus yang disebut Coronaviridae. Antibiotik tidak bekerja melawan virus," tulis WHO dalam lama resminya.

Meski begitu, menurut WHO, beberapa orang yang terpapar COVID-19 juga dapat mengembangkan infeksi sebagai komplikasinya. Nah, dalam hal ini, antibiotik dapat digunakan oleh tenaga kesehatan.

Penggunaan antibiotik yang salah justru berbahaya, termasuk bagi bumil. Perlu diketahui, ada beberapa jenis antibiotik yang tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan.

Sebelum konsumsi antibiotik, ibu hamil pun terlebih dulu konsultasi ke dokter. Konsumsi dosis antibiotik yang salah bisa menyebabkan Resistensi Antimikroba (AMR).

Lalu apa saja aturan untuk konsumsi antibiotik saat hamil? Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga simak penjelasan dokter tentang gejala COVID-19 pada bumil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
ATURAN MENGGUNAKAN ANTIBIOTIK SAAT SAKIT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!