sign up SIGN UP search


kehamilan

Bentuk Perut Hamil 2 Bulan, Membesar Mirip Kembung saat Menstruasi

Melly Febrida   |   Haibunda Senin, 12 Sep 2022 19:45 WIB
Happy pregnant mother touching and looking beautiful belly sitting on cozy bed at home. prenatal, pregnancy, motherhood, expect concept. Young pregnance girl care and love her baby. copy space caption
Jakarta -

Saat hamil 2 bulan, apa saja yang dirasakan ibu hamil di perutnya? Pada trimester pertama, bumil mungkin belum merasakan banyak hal di perutnya. Namun, secara kasat mata, perut Bunda mungkin akan terlihat lebih buncit. 

Perut hamil pada trimester awal ini mirip ketika Bunda sedang kembung selama menstruasi atau makan dalam jumlah besar. Karena pada tahap ini janin di dalam rahim juga masih sangat kecil.

Cheryl Axelrod, M.D., dokter spesialis obgyn mengatakan rahim itu terletak di panggul di antaranya tulang-tulang yang kuat melindunginya. Saat rahim mengambil ruang lebih banyak di panggul, akan mendorong usus ke atas.  


"Selain itu, perubahan hormonal memperlambat pencernaan yang menyebabkan peningkatan gas dan sembelit," ujar Axelrod dilansir Baby Center.

Sementara itu, Valinda Riggins Nwadike, MD, MPH, dokter bersertifikat dewan ABMS yang berspesialisasi dalam kebidanan dan ginekologi mengatakan bahwa sangat mungkin perut bumil sudah muncul pada 2 bulan, dan kemungkinan bumil tidak dapat mengancingkan celana karena merasa kembung.

"Tingkat hormon Anda melonjak dan menyebabkan banyak retensi air, sama seperti ketika Anda kembung sebelum menstruasi," ujar Nwadike dilansir dari Healthline.

Bumil bisa saja pada trimester pertama ini mengalami kenaikan berat badan 2,5 kg, namun ada juga yang tidak bertambah sama sekali. Dan jika ini bukan kehamilan pertama, otot perut bumil mungkin sudah tidak dapat lagi menyembunyikan rahim yang membesar.

Dan jika ini bukan rodeo/kehamilan pertama Bunda, otot perut yang sebelumnya terentang tidak akan bagus untuk menjaga rahim yang membesar tetap tersembunyi.

Ukuran janin hamil 2 bulan

Nwadike bilang, pada kehamilan usia 2 bulan, janin masih seukuran raspberry dengan beberapa organ luar sudah berkembang. Misalnya saja mata, hidung, mulut, dan telinga. Sedangkan sistem tubuh yang penting seperti organ pernapasan serta saraf berkembang pesat di bagian dalam.

Otak bayi akan mengalami lompatan besar dalam ukuran sehingga terlihat tidak proporsional. Namun jangan khawatir Bunda, nantinya akan segera terlihat seperti manusia.

Bagaimana dengan jantung bayi? Menurut Nwadike, jantung janin berdetak sekitar 140 detak per menit. Bumil dapat mendengar detak jantung pada melalui USG pada minggu ke-8.

Kita lanjut ke halaman selanjutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang perkembangan janin saat hamil 2 bulan.

[Gambas:Video Haibunda]



BENTUK PERUT HAMIL 2 BULAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!