sign up SIGN UP search


kehamilan

Pilihan Pil KB yang Bagus untuk Kulit dan Tidak Bikin Gemuk

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Sabtu, 17 Sep 2022 12:10 WIB
Close up hand contraceptive pill and condom on with colorful pills strips. Contraception reduces childbirth and pregnant concept. caption
Jakarta -

Bunda dapat minum pil KB sebagai pilihan kontrasepsi bila sedang menunda kehamilan. Ada beberapa pilihan pil KB yang tersedia.

Pil KB merupakan kontrasepsi hormonal. Efektivitas pil KB bisa mencapai lebih dari 90 persen bila diminum rutin sesuai jadwal.

Menurut Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Paruh Waktu di RS Hermina Jatinegara, dr. Adila Rossa Amanda Malik, Sp.OG, penggunaan pil KB harus sesuai kebutuhan pemakainya. Selain itu, Bunda juga perlu memahami pemakaian alat KB dengan benar sebelum memutuskan untuk menggunakannya.


"Perlu memahami pemakaian alat kontrasepsi dengan benar. Misalnya, apakah akan taat minum pil KB atau tidak, bila ingin menunda kehamilan?" kata Adila kepada HaiBunda, belum lama ini.

Tak kalah penting adalah Bunda harus mengetahui efek samping dan risiko setiap alat KB nih. Biasanya tenaga kesehatan yang akan menjelaskan detail alat KB ini kepada pemakainya.

"Tenaga kesehatan perlu menjelaskan angka kegagalan setiap alat kontrasepsi, risiko, efek samping yang mungkin terjadi, serta pencegahan dari efek samping," ujar Adila.

Pilihan pil KB

Pil KB merupakan alat kontrasepsi KB hormonal yang mengandung turunan hormon estrogen dan progesteron (pil KB kombinasi), atau hanya sintesis progesteron (pil KB progestin).

Saat ini, tersedia pil KB generasi lama dan generasi terbaru. Kedua jenis pil KB tersebut memiliki efek samping yang berbeda.

Adila menjelaskan, pil KB generasi terbaru tergolong lebih minim efek samping. Misalnya, efek samping mual, muncul flek, atau muncul jerawat di wajah.

"Pil KB generasi terbaru tergolong minim efek samping. Sedangkan, pil KB generasi lama memiliki beberapa efek samping dan risiko, seperti mual, muncul jerawat di wajah, atau perdarahan atau flek di antara waktu haid," ungkap Adila.

Tak hanya itu, pil generasi terbaru juga disebut bisa mencegah retensi cairan, yang sering dikaitkan dengan kenaikan berat badan. Lalu apa pilihan pil KB yang bagus untuk kulit dan bikin tak gemuk?

Baca halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 5 rekomendasi kondom yang aman untuk mencegah kehamilan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
PIL YANG BAGUS UNTUK KULIT DAN TAK BIKIN GEMUK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!