sign up SIGN UP search


kehamilan

Ini Dia Penyebab Bunda Tetap Berpeluang Hamil Meski Gunakan Pil KB

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Senin, 04 Jul 2022 18:40 WIB
Young woman looking miserable staring at pregnancy test caption

Bunda, ragam kontrasepsi medis kini memang makin memudahkan pilihan ya. Untuk menentukan mana yang paling cocok untuk Bunda, tentunya bisa melalui konsultasi tenaga kesehatan yang terpercaya.

Di antara sekian banyak pilihan kontrasepsi, salah satu metodenya yakni dengan konsumsi pil KB. Meski diklaim mampu menunda kehamilan, ternyata tak sedikit Bunda yang 'kecolongan' dan positif hamil saat merasa masih menggunakan metode tersebut. Sebenarnya apa penyebabnya?

Melansir dari Myclevelandclinic, pil KB merupakan jenis kontrasepsi yang 99 persen efektif mencegah kehamilan bila diminum secara konsisten setiap hari, Bunda. Pil ini mengandung hormon yang mengatur menstruasi, menurunkan risiko kanker ovarium dan rahim, mengatasi jerawat, dan mengobati endometriosis.


Meski diklaim efektif mencegah kehamilan, pil KB ternyata tetap berpeluang menimbulkan kehamilan lho, Bunda. Kok bisa? Yuk simak terus. 

Berbagai efek samping pil KB, positif dan negatif

Pil KB dapat menyebabkan efek samping bagi sebagian orang, tetapi biasanya hilang setelah beberapa bulan. Efek samping tidak selalu negatif ya, Bunda. Sebab bagi sebagian yang lain, konsumsi pil KB justru berdampak positif.  

Hal ini karena hormon dalam pil KB dapat menyebabkan efek samping pada beberapa orang, Bunda. Tapi ini tidak terjadi pada semua orang sebab banyak di antaranya menggunakan pil tanpa masalah. 

Gejala penyesuaian hormon Bunda terhadap pil KB dapat ditandai sebagai berikut:

  1. Sakit kepala
  2. Mual
  3. Nyeri payudara
  4. Perubahan siklus menstruasi yang bisa maju di awal bulan, terlambat, atau berhenti sama sekali saat minum pil
  5. Bercak yang menandakan perdarahan pada periode menstruasi

Kabar baiknya adalah bahwa efek samping ini biasanya hilang hilang dalam 2-3 bulan. Jadi, jika Bunda baru memulai konsumsi pil dan memiliki efek samping yang mengganggu, cobalah untuk tetap menggunakannya dan beri kesempatan tubuh Bunda untuk menyesuaikan diri dengan hormon ya

Meredam nyeri haid 

Mengutip Plannedparenthood, banyak orang menggunakan pil karena beberapa efek sampingnya bisa sangat membantu. Misalnya, hormon dalam pil dapat membantu menstruasi yang menyakitkan, berat, atau tidak teratur. Pil dapat meredakan kram dan PMS. Tidak hanya itu, konsumsi pil KB biasanya akan membuat menstruasi Bunda lebih ringan dan lebih teratur. 

Beberapa jenis pil KB juga dapat membantu mencegah jerawat, kekurangan zat besi atau anemia, penipisan tulang, kista di payudara dan ovarium serta kanker tertentu. 

Klik halaman berikutnya yuk Bunda untuk tahu tanda hamil yang muncul saat masih gunakan pil KB.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang mengenal pil kontrasepsi darurat.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
BISA SEBABKAN HAMIL BEGITU BERHENTI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!