sign up SIGN UP search


kehamilan

Adakah Pil KB yang Tidak Membuat Gemuk? Cek Kandungannya Bun

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 28 Sep 2022 11:38 WIB
Pil KB caption
Jakarta -

Pil KB menjadi salah satu pilihan kontrasepsi untuk program hamil. Efektivitas pil KB dapat mencapai 90 persen bila dikonsumsi secara rutin sesuai jadwal, Bunda.

Pil KB merupakan jenis kontrasepsi hormonal. Artinya, kandungan pil KB terdiri dari hormon yang dapat mencegah kehamilan.

Kelebihan pil KB

Ada dua jenis pil KB berdasarkan kandungannya. Pertama adalah pil KB mengandung progestin, yakni bentuk sintesis dari progesteron. Lalu ada pula pil KB yang mengandung hormon estrogen dan progesteron atau dikenal dengan pil KB kombinasi.


Pil KB bekerja dengan cara mencegah sperma membuahi sel telur. Alat kontrasepsi ini menghentikan ovarium untuk melepaskan sel telur, mengubah konsistensi lendir serviks untuk mempersulit sperma mencapai sel telur, serta mengubah lapisan rahim untuk mencegah implantasi.

Pil KB disebut memiliki beberapa kelebihan dibandingkan alat kontrasepsi lainnya. Salah satunya adalah tidak bikin gemuk. Lalu benarkah anggapan ini ya, Bunda?

Pil KB tidak bikin gemuk

Pil KB jenis kombinasi disebut tidak bikin gemuk atau memengaruhi berat badan. Sebenarnya, Bunda merasa menjadi gemuk atau tidak bukan karena efek pil KB ya.

Perut yang terasa gemuk biasanya karena kembung akibat konsumsi pil KB. Tapi, kondisi ini hanya dikeluhkan pada pil KB generasi lama.

Kandungan pil KB, terutama generasi terbaru, justru dapat menekan retensi cairan yang menyebabkan perut terasa kembung. Akibatnya, Bunda merasa tidak gemuk karena minum pil KB.

Selain menekan retensi cairan, pil KB generasi terbaru juga disebut dapat mencegah mual hingga baik untuk kesehatan kulit.

Ada beberapa rekomendasi pil KB generasi terbaru yang bisa Bunda konsumsi untuk mencegah retensi cairan. Apa saja rekomendasinya?

Baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 5 rekomendasi kondom yang aman, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
REKOMENDASI PIL KB YANG BIKIN TAK GEMUK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!