sign up SIGN UP search


kehamilan

Benarkah Pil KB Justru Bisa Pancing Kehamilan? Simak Kata Dokter Bun

Arina Yulistara   |   Haibunda Selasa, 05 Jul 2022 09:43 WIB
Women and pills she think about her health at home caption

Pil KB dikonsumsi tentu dengan tujuan menunda kehamilan. Namun, ada persepsi yang mengatakan pil KB justru bisa memancing kehamilan, benarkah?

Banyak Bunda yang mungkin bertanya-tanya, apakah setelah minum pil KB selama beberapa waktu bisa segera memancing kehamilan usai memberhentikannya? 

Sebuah studi tahun 2002 dari Brunel University di Inggris menunjukkan bahwa wanita yang telah menggunakan kontrasepsi oral atau pil KB setidaknya selama lima tahun dapat hamil dengan mudah setelahnya seperti tidak pernah minum pil KB.


Para peneliti juga menemukan bahwa semakin lama wanita mengonsumsi pil KB, semakin besar peluang untuk hamil dalam waktu 6 bulan atau setahun setelah berhenti mengonsumsinya. Salah satu alasannya karena pil KB bisa melindungi dari komplikasi seperti endometriosis yang bisa membuat Bunda sulit hamil.

Lalu bagaimana kata dokter, apakah pil KB bisa pancing kehamilan? Ini jawaban dokter.

Kata dokter soal pil KB pancing kehamilan

Masih bertanya-tanya, apakah pil KB bisa pancing kehamilan? Mungkin Bunda takut tidak bisa hamil kembali karena mitos yang mengatakan bahwa pil KB dapat menunda kehamilan dalam waktu lama. Coba dengar jawaban dokter.

“Sudah menjadi mitos lama bahwa wanita yang menggunakan pil KB memiliki jeda waktu untuk kembali ke konsepsi. Padahal kita tahu bahwa jika melewatkan satu pil saja, Anda bisa hamil. Setelah pil terakhir diminum, kadar hormon turun, memungkinkan wanita untuk segera kembali ke tingkat kesuburan normal mereka tanpa efek pada kesuburan di masa depan,” jelas David Plourd, M.D., asisten profesor kebidanan dan ginekologi di Naval Medical Center, San Diego, dikutip melalui Parents.

Jika Bunda sudah lepas pil KB dan berusaha hamil selama satu tahun tanpa hasil, perlu menemui dokter untuk evaluasi. Dokter akan memeriksa penyebab Bunda sulit hamil, bisa jadi karena jumlah sperma rendah, kerusakan tuba, atau infertilitas yang sudah ada sebelumnya.

Pil KB menyebabkan anovulasi

Menurut studi dalam edisi terbaru jurnal Fertility and Sterility, wanita yang mengonsumsi pil KB untuk mencegah kehamilan selama sebulan, sebuah proses yang disebut anovulasi, sebelum menjalani in vitro fertilization (IVF) mengalami peningkatan peluang kehamilan. Oleh sebab itu, pil KB memang bisa memancing kehamilan.

“Ketika kontrasepsi oral digunakan untuk menginduksi anovulasi sebelum perawatan IVF, siklus IVF kedua setelah anovulasi tampaknya lebih mendukung kehamilan daripada siklus pertama. Oleh karena itu, anovulasi dapat memberikan kondisi yang lebih baik untuk pengembangan (telur) yang lebih sehat dengan potensi kehamilan meningkat hingga dua siklus menstruasi kemudian,” jelas Misao Fukada, MD, peneliti dari Fukada Ladies' Clinic di Ako, Jepang, dilansir dari WebMD.

Lebih lanjut yuk ketahui manfaat pil KB untuk reproduksi wanita di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang mengenal pil kontrasepsi darurat.

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
MANFAAT PIL KB UNTUK REPRODUKSI WANITA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!