sign up SIGN UP search

kehamilan

5 Jenis Vaksin untuk Ibu Hamil, Ketahui Manfaat & Waktu Pemberiannya

Asri Ediyati   |   Haibunda Selasa, 15 Nov 2022 17:10 WIB
Pregnant woman getting vaccine at home. COVID-19 vaccination concept. caption

Ketika hamil, mungkin terdapat kekhawatiran akan penyakit yang datang. Di sisi lain, ibu hamil juga merasa tak yakin vaksin adalah cara aman untuk mencegahnya.

Namun, ternyata ada beberapa vaksin yang aman dan justru direkomendasikan untuk diberikan selama kehamilan, lho. Simak ulasannya selengkapnya yuk!

Vaksin ibu hamil

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), misalnya vaksinasi influenza bagi ibu hamil sangat penting karena ibu hamil memiliki risiko lebih besar terhadap morbiditas dan mortalitas ibu selain morbiditas janin, termasuk kelainan kongenital, abortus spontan, kelahiran prematur, dan berat badan lahir rendah.


Lalu, vaksin seperti Tdap (tetanus (T), difteri, (D), dan acellular pertussis (aP) atau batuk rejan) memberikan manfaat bagi janin dan neonatus melalui transfer pasif antibodi pelindung melintasi plasenta. Vaksin lain memberikan perlindungan ibu hamil dari morbiditas parah terkait dengan patogen spesifik seperti pneumokokus, meningokokus, dan hepatitis untuk wanita hamil yang berisiko.

"Tidak ada bukti efek merugikan janin dari memvaksinasi wanita hamil dengan virus yang tidak aktif, vaksin bakteri, atau toksoid, dan semakin banyak data menunjukkan keamanan penggunaan tersebut. Oleh karena itu, semua wanita hamil harus menerima vaksinasi influenza selama musim influenza dan Tdap pada setiap kehamilan," demikian penjelasan ACOG, dalam laman resminya.

Mungkin Bunda belum tahu, apa saja vaksinasi yang aman dan bahkan dianjurkan untuk para bunda selama kehamilan. Berikut vaksin dan manfaatnya:

1. Vaksin Influenza

Disarankan untuk setiap wanita hamil, di setiap kehamilan, untuk menerima vaksin influenza. Mengapa dianjurkan untuk menerima vaksin? Wanita hamil berada dalam kelompok risiko tinggi untuk sakit parah dengan influenza dan untuk menderita komplikasi, Bunda. Oleh karena itu, sangat penting bagi wanita hamil untuk menerima vaksin influenza.

Manfaat vaksin influenza

Vaksinasi seorang wanita hamil terhadap influenza tidak hanya mengimunisasi ibu tetapi juga bayi yang belum lahir. Bayi yang ibunya divaksinasi selama kehamilan memiliki lebih sedikit penyakit saluran pernapasan secara umum, lebih sedikit influenza pada khususnya, dan lebih sedikit rawat inap.

Studi menunjukkan bahwa vaksin influenza yang diberikan kepada ibu hamil mengurangi morbiditas influenza pada bayi hingga usia 6 bulan sebesar 63 persen.

2. Vaksin Batuk Rejan

Dianjurkan bagi setiap wanita hamil, di setiap kehamilan, untuk menerima vaksin terhadap batuk rejan. Untuk mendapat vaksin batuk rejan, sebaiknya dilakukan antara minggu 27-36 kehamilan. Mengapa dianjurkan untuk menerima vaksin? Batuk rejan berbahaya bagi bayi dan balita yang sensitif karena komplikasi parah pneumonia dan radang otak yang dapat berkembang sebagai akibat dari penyakit tersebut.

Memberikan vaksin kepada wanita hamil melindungi bayi dengan dua cara:

  • Dengan transfer antibodi terhadap batuk rejan melalui plasenta ke janin, yang akan melindunginya setelah ia lahir.
  • Dengan melindungi ibu dari penyakit dan menularkannya kepada bayinya.

Manfaat vaksin batuk rejan

Vaksin batuk rejan untuk memberi kekebalan terhadap penyakit tersebut. Di samping itu tidak mungkin untuk mulai memvaksinasi bayi terhadap batuk rejan sampai usia dua bulan, dan sampai dosis vaksin yang cukup telah diterima, ia tidak memiliki perlindungan yang memadai terhadap penyakit tersebut.

Klik untuk baca kelanjutan di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga vaksin booster untuk ibu hamil dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
VAKSIN COVID-19, VAKSIN TDAP, DAN KONDISI KHUSUS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!