sign up SIGN UP search

kehamilan

Calcium Lactate untuk Ibu Hamil, Boleh Diminum jika Lebih Besar Manfaatnya?

Melly Febrida   |   Haibunda Minggu, 13 Nov 2022 21:35 WIB
Ibu hamil minum obat caption
Jakarta -

Ibu hamil (bumil) membutuhkan kalsium untuk perkembangan janin. Kebutuhan itu bisa dari makanan atau suplemen. Bagaimana dengan suplemen calcium lactate, apa bisa dikonsumsi ibu hamil?

Tubuh bumil akan melakukan apa pun yang diperlukan janin, termasuk 'mencuri'. Tubuh dapat mengambil kalsium dari tulang bumil untuk diberikan ke janin Jika bumil ingin tulang tetap kuat, maka perlu kalsium ekstra saat janin berkembang di tubuh Bunda.

Salah satu suplemen kalsium itu adalah calcium lactate. Laman Veryweelfamily menuliskan calcium lactate ini kandungan unsur kalsiumnya lebih sedikit dari suplemen kalsium lainnya. Karena memiliki jumlah kalsium yang sangat sedikit dibandingkan dengan bentuk lain, suplemen calcium lactate ini tidak dianjurkan.


Calcium lactate untuk ibu hamil

Brittany Poulson, MDA, RDN, CDCES, ahli diet terdaftar dan spesialis perawatan dan pendidikan diabetes bersertifikat, menjelaskan bawah tubuh itu tidak dapat membuat kalsium sendiri. Jika bumil tidak dapat cukup kalsium dari makanan, tubuh akan mengambilnya dari tulang untuk mempertahankan kadar kalsium yang tepat.

Dalam laman National Center for Biotechnology information dituliskan bahwa kalsium merupakan nutrisi penting yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin, terutama karena transfer ibu-janinnya. 

Michael Thomas, dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi mengatakan penyimpanan kalsium pada ibu hamil dapat terganggu. 

"Karena kebanyakan wanita hamil tidak mengonsumsi sejumlah kalsium yang direkomendasikan setiap saat dalam hidup mereka, termasuk pada masa kritis kehamilan dan menyusui sehingga suplementasi harus direkomendasikan agar seimbang," kata Thomas.

Studi menunjukkan bahwa dengan meningkatkan asupan kalsium selama kehamilan dan menyusui dapat meningkatkan kesehatan tulang bumil serta menyediakan sumber kalsium yang lebih besar untuk janin. 

Bumil yang mengonsumsi cukup kalsium dapat menggantikan massa tulang yang hilang, mengurangi resorpsi tulang, dan dalam beberapa kasus mengembalikan massa tulang. Suplementasi kalsium selama kehamilan dapat dikaitkan langsung dengan peningkatan kepadatan tulang dan panjang tulang neonatus.

Ada banyak manfaat suplemen kalsium pada bumil itu selain untuk tulang ibu dan janin. Misalnya saja kesehatan ibu dipertahankan dengan penurunan risiko hipertensi yang diinduksi kehamilan, dan penurunan timbal yang bersirkulasi.

"Berat badan lahir bayi yang lebih tinggi, penurunan risiko kelahiran prematur, penurunan paparan timbal janin, dan tekanan darah bayi yang lebih rendah, semuanya telah dikaitkan dengan asupan kalsium yang tinggi selama kehamilan," jelas Thomas.

Manfaat calcium lactate

Apa calcium lactate dapat mencukupi kebutuhkan kalsium pada bumil? Dalam laman WebMD disebutkan calcium lactate ini biasanya digunakan untuk mencegah atau mengobati kadar kalsium darah rendah pada orang yang tidak mendapatkan cukup kalsium dari makanan. 

Ini dapat digunakan untuk mengobati kondisi yang disebabkan kadar kalsium yang rendah seperti pengeroposan tulang (osteoporosis), tulang lemah (osteomalacia/rakhitis), penurunan aktivitas kelenjar paratiroid (hipoparatiroidisme), dan penyakit otot tertentu (tetani laten). 

Calcium lactate juga dapat digunakan pada bumil untuk memastikan mendapatkan cukup kalsium.  Karena kalsium berperan sangat penting dalam tubuh, antara lain untuk fungsi normal saraf, sel, otot, dan tulang. Namun pendapat ini beragam.

Jika kalsium dalam darah tidak cukup, maka tubuh akan mengambil kalsium dari tulang, sehingga melemahkan tulang. Memiliki jumlah kalsium yang tepat penting untuk membangun dan menjaga tulang yang kuat.

Pendapat aman atau tidaknya calcium lactate untuk ibu hamil itu beragam, simak penjelasan di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang bahan-bahan alami untuk antiseptik ibu hamil.

[Gambas:Video Haibunda]



CALCIUM LACTATE AMAN?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!