sign up SIGN UP search


kehamilan

Bila Operasi Caesar Gagal, Ketahui Penyebab dan Risikonya pada Ibu dan Bayi

Melly Febrida   |   Haibunda Kamis, 17 Nov 2022 14:45 WIB
an asian female doctor listening to patient lung and heartbeat using stethoscope in the hospital ward caption
Jakarta -

Operasi caesar bisa gagal? Orang sering berpikir operasi caesar itu lebih aman, namun operasi caesar juga memiliki risiko. Tujuan operasi caesar (C-section) memang dapat menjadi penyelamat dalam keadaan darurat tapi tetap ada risiko pada segala jenis operasi.

Bunda yang pernah menjalani caesar kemungkinan di kehamilan selanjutnya akan kembali dioperasi, meski tak menutup kemungkinan untuk melahirkan normal melalui pervaginam.

Bayi yang dilahirkan melalui persalinan caesar biasanya melalui sayatan bedah yang dibuat di perut dan rahim. Operasi caesar hanya dapat dilakukan dokter kandungan, bidan tidak dapat melakukan operasi caesar.


Penyebab risiko komplikasi

Usia juga dapat meningkat risiko komplikasi pada operasi caesar. Sebuah studi menemukan, risiko komplikasi parah yang lebih tinggi daripada persalinan pervaginam, terutama setelah usia 35 tahun.

Pada bumil yang berusia 35 tahun atau lebih memiliki risiko hampir tiga kali lipat pada operasi caesar ketimbang persalinan normal. Dan risiko itu melonjak menjadi lima kali lipat jika menjalani operasi caesar sebelum persalinan dimulai.

Untuk wanita yang lebih muda dari 35, ada sekitar 50 persen lebih tinggi risiko komplikasi parah.

"Operasi caesar dapat menyelamatkan nyawa dalam beberapa situasi. Namun, ini bukan prosedur yang sepele," kata peneliti senior Dr. Catherine Deneux-Tharaux, direktur penelitian di Pusat Epidemiologi dan Statistik di Sorbonne di Paris, dikutip dari WebMD.

Dalam dua dekade terakhir, jumlah orang yang melakukan operasi caesar mengalami pelonjakan di sejumlah negara maju. Pada penelitian yang diterbitkan dalam di CMAJ (Canadian Medical Association Journal), disebutkan satu dari setiap lima wanita melahirkan melalui operasi caesar.

Untuk melihat risiko apa yang mungkin ditimbulkan oleh operasi ini pada Bunda, Deneux-Tharaux dan rekan-rekannya membandingkan 1.444 wanita yang mengalami komplikasi parah setelah melahirkan dengan 3.464 wanita yang tidak mengalami komplikasi.

Proporsi persalinan caesar dua kali lebih tinggi pada wanita yang mengalami komplikasi parah jika dibandingkan dengan kelompok 'kontrol' yang sehat (36 persen berbanding 18 persen).

Komplikasi ini termasuk perdarahan serius, kejang, emboli paru (bekuan darah), stroke, disfungsi organ atau masalah lain yang memerlukan masuk ke unit perawatan intensif.

Peningkatan risiko komplikasi yang berhubungan dengan operasi caesar tetap ada, bahkan setelah para peneliti memperhitungkan faktor-faktor lain yang memengaruhi kesehatan Bunda.

"Persalinan caesar membawa risiko komplikasi parah bagi ibu, baik pada jangka pendek dan untuk kehamilan berikutnya," kata Deneux-Tharaux.

Untuk itu, selalu diskusikan sepenuhnya dengan dokter kandungan atau bidan pilihan persalinan untuk menghindari prosedur yang tidak perlu yang membawa risiko.

Namun, calon ibu tidak perlu khawatir dengan laporan tersebut. Deneux-Tharaux mencatat bahwa risiko komplikasi parah pada wanita adalah sekitar 1,5 persen di semua mode persalinan.

Dr Aaron Caughey, Ketua Kebidanan dan Ginekologi di OHSU School of Medicine di Portland, Ore, mengatakan, "Caughey mengatakan bahwa pada kehamilan berikutnya setelah operasi caesar sebelumnya, risiko wanita untuk ruptur uteri adalah sekitar satu dari 200. Risiko dasar dari ruptur uteri adalah sekitar satu dari 20.000."

Kita lanjutkan ke halaman selanjutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 6 kondisi yang mungkin timbul setelah operasi caesar.

[Gambas:Video Haibunda]



RISIKO CAESAR PADA IBU DAN BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!