sign up SIGN UP search

kehamilan

Seperti Apa Posisi BAB Pasca Operasi Caesar yang Aman? Ketahui agar Tidak Terasa Nyeri

Melly Febrida   |   Haibunda Senin, 14 Nov 2022 21:35 WIB
Ilustrasi menyusui usai melahirkan caption
Jakarta -

Posisi buang air besar (BAB) pasca operasi caesar itu serba salah ya Bun. Sudah sembelit, bekas jahitan sakit, jadi harus cari posisi yang aman dan benar.

BAB usai melahirkan itu bisa sangat menegangkan. Bunda mungkin butuh perjuangan karena mengalami sembelit atau menyakitkan. 

Dalam laman Tommys dituliskan bahwa Bunda yang baru melahirkan secara caesar memerlukan waktu beberapa jam atau hari agar usus mulai bekerja kembali. Bunda juga merasa perut kembung, angin seperti terperangkap di dalam perut, serta mengalami sembelit yang menyakitkan.  


Posisi BAB pasca operasi caesar

Obat nyeri seperti opioid yang Bunda minum dapat menyebabkan konstipasi atau sembelit. Dokter atau bidan mungkin akan meresepkan obat pencahar untuk mengobati sembelit.

Mandy Mayor, doula pasca melahirkan, mengatakan biasanya seorang Bunda mengalami masalah usus dan pencernaan dalam waktu lima hingga enam minggu setelah melahirkan. Ini dapat terjadi pada Bunda yang menjalani operasi caesar maupun persalinan pervaginam.

"Masalah dapat berkisar dari sembelit – terutama selama beberapa hari pertama setelah melahirkan – hingga nyeri akibat mengejan atau nyeri jika Anda mengalami diare. Sama seperti perubahan pasca persalinan lainnya, tubuh Anda membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri," kata Mayor dikutip dari BabyCenter.

Mayor bilang, kehamilan dapat memberikan perubahan pada BAB, begitu juga dengan persalinan. Ini karena tubuh mengalami banyak perubahan dan tekanan besar, termasuk trauma fisik, perubahan hormonal, penyesuaian obat, serta tuntutan menyusui yang berdampak pada hidrasi.

Bunda mungkin jadi sering BAB pada 24 hingga 48 jam sebelum persalinan, dan selama persalinan awal. Ini terjadi karena kontraksi, serta lonjakan kadar prolaktin – yang bertanggung jawab untuk produksi ASI – serta oksitosin, yang membantu persalinan, produksi ASI, dan bonding Bunda dengan bayi.

Ilustrasi melahirkan caesarIlustrasi melahirkan caesar/ Foto: Getty Images/iStockphoto/TolikoffPhotography

Seperti apa rasanya buang air besar setelah melahirkan?

Usai melahirkan baik secara normal atau operasi caesar, Bunda bisa BAB antara dua hingga tiga hari setelah melahirkan. Kotoran (feses) yang pertama setelah melahirkan bisa terasa sulit dikeluarkan dan mungkin lebih menyakitkan dari yang Bunda harapkan.

Namun, jangan sampai membuat Bunda menunda atau menghindari pergi ke toilet. Ini hanya akan membuat tinja lebih keras dan lebih sulit keluar, yang meningkatkan potensi rasa sakit secara keseluruhan.

Posisi BAB di toilet duduk ini bisa Bunda coba agar aman dan tidak terasa sakit dengan klik halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang cerita Aliya Rajasa melahirkan anak keempat melalui operasi caesar.

[Gambas:Video Haibunda]



POSISI AMAN BAB USAI MELAHIRKAN CAESAR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!