sign up SIGN UP search


kehamilan

Masa Subur & Jarak Ideal untuk Wanita Hamil Kembali setelah Melahirkan

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Selasa, 15 Nov 2022 17:50 WIB
Negative pregnancy test with circling date in calendar. Planning of pregnancy, trying to have baby. Top view. Masa Subur & Jarak Ideal untuk Wanita Hamil Kembali Setelah Melahirkan/ Foto: iStock
Jakarta -

Perencanaan kehamilan dapat dilakukan sebelum Bunda melahirkan anak pertama. Tujuannya agar Bunda dapat hamil di waktu yang tepat, serta jarak kehamilan pertama dan berikutnya bisa ideal.

Dalam perencanaan kehamilan, Bunda harus memahami cara menghitung masa subur. Ini juga termasuk masa subur setelah melahirkan.

Menurut dr. Ivan R. Sini, SpOG dalam buku Bayi Tabung: Mempersiapkan Kehamilan dan Menanti Kehamilan, masa subur adalah suatu masa dalam siklus bulanan seorang wanita, saat dia menghasilkan sel telur yang matang. Saat inilah proses pembuahan atau ovulasi akan terjadi dengan mudah.


Masa subur usai melahirkan

Masa subur usai melahirkan umumnya terjadi setelah masa nifas yang berlangsung sekitar 40 hari. Masa subur dapat diketahui dengan menghitung siklus haid.

American College of Obstetricians dan Gynecologists (ACOG) menjelaskan, ovulasi terjadi sekitar 14 hari sebelum terjadi siklus haid di periode berikutnya. Perkiraan ini dialami mereka yang memiliki siklus bulanan 28 hari, Bunda.

Kebanyakan wanita mengalami ovulasi antara hari ke-11 dan ke-21 dari siklus haidnya. Ovulasi tidak selalu terjadi pada hari yang sama setiap bulan dan dapat bervariasi.

Lalu kapan tepatnya masa subur kembali usai melahirkan?

Mengutip Reuters, studi yang dianalisis Dr. Emily Jackson dan Dr.Anna Glasier dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) menemukan, rata-rata wanita mengalami ovulasi antara 45 sampai 95 hari setelah melahirkan. Bahkan ditemukan ada yang mengalami ovulasi sejak 25 sampai 27 hari setelah melahirkan.

Meski begitu, ovulasi tetap bisa terjadi tanpa haid lho, Bunda. Beberapa wanita mungkin bisa hamil lagi setelah melahirkan meski belum haid.

Mengetahui masa subur sangat penting untuk merencanakan kehamilan serta mengatur jarak kehamilan pertama dan berikutnya. Lalu berapa jarak ideal untuk hamil lagi setelah melahirkan ya, Bunda.

Simak penjelasan lengkap di halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 4 cara menentukan masa subur, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
JARAK IDEAL HAMIL LAGI SETELAH MELAHIRKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!