sign up SIGN UP search


kehamilan

Pengalaman Melahirkan Olivia Zalianty, Air Ketuban Menipis dan Bayi Masuk NICU

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 16 Nov 2022 17:20 WIB
Olivia Zalianty Pengalaman Melahirkan Olivia Zalianty, Air Ketuban Menipis dan Bayi Masuk NICU/Foto: Instagram @oliviazallianty
Jakarta -

Olivia Zalianty mengalami momen tak terlupakan saat melahirkan anak pertamanya, Hydro Putro Kusumo. Wanita 41 tahun ini harus menjalani operasi caesar karena air ketubannya menipis, Bunda.

Tak hanya itu. Olivia bahkan tak bisa memeluk sang putra usai dilahirkan karena harus dibawa ke NICU (Neonatal Intensive Care Unit) untuk mendapatkan perawatan.

"Aku pengin anak lahir normal, tapi pada kenyataannya ketika aku pergi ke dokter dan periksa, air ketuban aku menurun terus, jadi sangat kering," kata Olivia saat wawancara eksklusif bersama HaiBunda, belum lama ini.


Banner Tips Melahirkan Lancar

Saat periksa ke dokter, Olivia pun diminta untuk segera melahirkan anaknya. Dokter tidak memberinya pilihan karena kondisi air ketuban yang semakin menipis.

Istri Ndaru Kusumo ini lantas memutuskan untuk melahirkan sebelum Hari Perkiraan Lahir (HPL). Hal itu dilakukannya dan suami demi menyelamatkan sang buah hati, Bunda.

"Aku sempat makan dulu (ketika kontrol), pas balik ke ruangan, dokter bilang, ini kalau mau anaknya selamat, harus ditindak sekarang, harus operasi," ujar Olivia.

"Terus kan aku abis makan, kan enggak boleh operasi abis makan, ya sudah masuk kamar dulu diperiksa kekentalan darah dan sebagainya dan alhamdulillah bagus. Tapi ketubannya kering. Jadi aku bilang sama suami dan dokter yang terbaik, hari itu juga (melahirkan), tapi ditunggu empat jam karena abis makan," sambungnya.

Namun belum empat jam menunggu, Olivia mulai khawatir karena air ketubannya terus menipis. Akhirnya, dokter pun segera melakukan tindakan untuk mulai persalinan.

"Pas sudah dua jam ditindak saja deh, soalnya air ketubannya mulai menurun. Aku disuruh tahan kalau muntah, itu pertama kali pengalaman," ungkapnya.

Bayi Olivia Zalianty masuk NICU

Perjuangan Olivia lalu dimulai saat proses persalinan. Saat operasi, suster sempat tidak bisa menemukan kepala sang buah hati untuk dibantu keluar.

Ketika baby Hydro sudah berhasil keluar, Olivia harus menelan pil pahit. Ia tidak bisa memeluk dan melihat putranya karena kondisi yang tak memungkinkan.

"Begitu dibuka perutnya itu kayak enggak kelihatan kepalanya. Suster itu kayak naik di belakang aku. Aku kan enggak boleh tidur (masih sadar), tapi pakai obat penahan rasa sakit," ujarnya.

"Begitu (bayi) diangkat, keluar cairan hijau. Langsung bayinya dibawa ke NICU. Jadi aku enggak ketemu sama Baby Hydro sampai besoknya," kata adik Marcella Zalianty ini.

Dalam wawancara eksklusif ini, Olivia juga mengungkapkan perasaannya saat melahirkan dan berpisah dengan anak yang dirawat di NICU. Bagaimana ceritanya?

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Selengkapnya dapat Bunda tonton di sini:

[Gambas:Video Haibunda]



(ank/pri)
kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!