sign up SIGN UP search

kehamilan

Cetak Rekor Baru, Bayi Kembar Lahir dari Embrio yang Dibekukan 30 Tahun Lalu

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Selasa, 22 Nov 2022 19:45 WIB
PROSEDUR EMBRIO DIBEKUKAN DALAM PROGRAM BAYI TABUNG
Bayi kembar caption

Frozen embrio termasuk salah satu prosedur bayi tabung. Pasangan suami istri dapat menggunakan teknologi ini untuk mengatur jarak kelahiran.

Di Indonesia, embrio yag dibekukan hanya dapat dilakukan oleh pasangan suami istri. Hal ini memang cukup berbeda dari negara seperti Amerika Serikat.

Banner Nama Bayi Laki-laki

Lalu bagaimana produr embrio yang dibekukan ini ya?


Dokter spesialis kandungan dari Morula IVF Surabaya, Dr.Benediktus A,MPH,Sp.OG(K), mengatakan bahwa frozen embryo masuk dalam tahapan transfer embrio di bayi tabung. Ada empat tahapan sebelum embrio dibekukan ini, Bunda.

"Bayi tabung pada dasarnya ada empat tahap, pertama tahap stimulasi, lalu pengambilan sel telur, mempertemukan sel telur dengan sel sperma, kemudian tahapan embrio transfer yang bisa fresh embryo transfer atau frozen embryo transfer," kata dokter yang akrab disapa Benny ini saat dihubungi HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Proses frozen embryo dapat dilakukan ketika rahim dan faktor hormonal Bunda belum siap untuk transfer embrio. Frozen embryo berawal dari sel telur dan sel sperma yang dipertemukan dengan ICSI atau IMSI.

Kemudian, embrio dibekukan dengan cara fortifikasi, yakni embrio disimpan di embrio bank sekitar minus 170 sampai 190 derajat Celsius, sehingga embrio tidak rusak.

"Semakin bagus teknik pembekuan, embrio, dan protokol yang menjaganya, maka penyimpangan ini bisa berlangsung cukup lama," katanya.

Tahapan selanjutnya adalah transfer embrio di rahim yang sudah siap. Tahapan ini dilakukan bersamaan dengan tahap pengenceran embrio yang telah dibekukan.

(ank/pri)
program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!