sign up SIGN UP search

kehamilan

17 Makanan Terbaik untuk Ibu Hamil di Trimester 1, Bisa Jadi Menu Utama atau Camilan

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Kamis, 26 Jan 2023 07:35 WIB
Ibu Hamil Makan Almond 17 Makanan Terbaik untuk Ibu Hamil di Trimester 1, Bisa Jadi Menu Utama atau Camilan/Foto: iStock
Jakarta -

Pentingnya Bunda hamil mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi tidak hanya agar Bunda mempunyai kesehatan yang lebih prima ya. Lebih dari itu, agar janin yang tumbuh dalam rahim juga dapat berkembang dengan optimal.

Sebab tidak jarang janin yang mempunyai cacat sejak lahir, disebabkan pola konsumsi yang kurang sehat, Bunda. 

Untuk itu, melansir ulasan Verywellfit, tidak ada urusan yang lebih penting daripada pemenuhan kebutuhan Bunda hamil dan menyusui. Sebab makanan berkualitas tinggi dan bergizi, dengan asupan makro dan mikronutrien yang direkomendasikan oleh dokter dapat menyelamatkan janin dari kondisi buruk yang mungkin terjadi. 


Makanan terbaik untuk ibu hamil trimester 1

Lantas apa saja ya makanan terbaik yang seharusnya Bunda konsumsi sejak trimester pertama kehamilan? Bagaimana menu makan yang sehat? Yuk simak terus ya. 

Melansir dari What to Expect, berikut adalah makanan terbaik untuk Bunda hamil trimester 1, termasuk:

1. Daging tanpa lemak

Sumber zat besi dan protein yang baik, daging tanpa lemak yang dimasak dengan matang seperti sirloin, tenderloin, kalkun, dan ayam menawarkan semua asam amino yang berfungsi sebagai bahan penyusun sel.

2. Yogurt

Kalsium dan protein di setiap cangkir mendukung struktur tulang. Pilih variasi dengan daftar bahan pendek dan sedikit tambahan gula.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung protein vegetarian, ditambah beberapa kalsium, zat besi, dan folat yang sangat dibutuhkan selama kehamilan ya. 

4. Salmon

Ikan air dingin seperti salmon dikemas dengan DHA omega-3, yang penting untuk sejumlah alasan. Kandungan nutrisi dalam salmon dapat membantu mengurangi risiko depresi prenatal dan postpartum. Juga sangat penting untuk mata dan otak bayi.

5. Alpukat

Buah ini merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat, yang membantu tubuh Anda menyerap banyak vitamin yang ditemukan dalam buah dan sayuran dengan lebih baik.

6. Wortel

Warna jingga cerahnya menunjukkan bahwa wortel penuh dengan beta-karoten, yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Dan nutrisi itu sangat penting untuk perkembangan mata, kulit, dan organ Si Kecil. 

7. Paprika merah

Penelitian telah menemukan bahwa makan makanan kaya sayuran selama kehamilan dapat membantu mengurangi risiko komplikasi seperti tekanan darah tinggi dan preeklamsia.

mango smoothies juice and ripe mango fruits. Yellow fruit on old wooden floor, drink in the morning to good health.Mangga/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Amguy

8. Mangga

Mangga adalah cara bagus lainnya untuk mendapatkan vitamin seperti A dan C. Bunda dapat memakannya secara langsung saat sudah matang, atau membuat smoothie yang sama-sama menyegarkan. 

9. Telur

Telur adalah salah satu dari sedikit sumber makanan vitamin D. Vitamin D memainkan peran kunci dalam membantu membangun tulang dan gigi yang kuat untuk bayi.

10. Gandum

Gandum kaya serat yang sangat bermanfaat bagi Bunda hamil. Sehingga saat mengonsumsinya, Bunda akan terhindar dari sembelit yang sering menjadi masalah bagi sebagian Bunda yang lain ya. 

11. Pisang

Pisang kaya potasium, mineral yang berperan penting dalam meningkatkan tekanan darah yang sehat.

12. Ubi jalar

Satu ubi jalar menyediakan lebih dari 400 persen vitamin A yang Bunda butuhkan dalam sehari. Itu sangat penting selama trimester pertama ya. 

5 Manfaat Ubi Jalar yang Kini Populer sebagai Karbohidrat SehatUbi Jalar/ Foto: Getty Images/iStockphoto/HandmadePictures

13. Quinoa

Quinoa mengandung makronutrisi, yaitu lemak, protein, dan karbohidrat yang baik untuk kesehatan tubuh. Tanaman ini juga memiliki beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin E, folat, kalsium, magnesium, zat besi, dan kalium yang sayang dilewatkan dari menu sehat Bunda hamil.

14. Susu rendah lemak

Dalam satu gelas susu, menyediakan kalsium untuk memperkuat tulang dan gigi bayi. Susu juga mengandung vitamin D, yodium, dan banyak protein. 

15. Buah kering

Buah kering adalah sumber nutrisi yang sangat berharga seperti serat, zat besi, kalsium, potasium, plus antioksidan. 

16. Air 

Dalam banyak saran ahli selalu merekomendasikan agar Bunda hamil tetap terhidrasi dengan baik. Salah satunya melalui kesediaan minum air yang cukup. 

17. Jahe atau olahannya

Jahe terbukti dapat membantu mengurangi gejala mual muntah pada Bunda hamil. Disarankan agar Bunda mengemasnya dalam bentuk minuman atau olahan lain sesuai selera Bunda. 

Untuk mengemas semua jenis makanan yang disarankan menjadi menu sehat, Bunda dapat mengolahnya sesuai selera Bunda ya. Tetap utamakan manfaat kesehatannya ya, jangan hanya terjebak pada rasanya saja. Sebab jika Bunda mengolahnya secara berlebihan. Alih-alih Bunda menjadi lebih sehat, bisa jadi Bunda hanya akan mendapat pemenuhan rasa lapar semata. 

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 7 makanan sehat ibu hamil yang cegah bayi lahir stunting:

[Gambas:Video Haibunda]



(pri/pri)
kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!