KEHAMILAN
Studi Temukan Manfaat Konsumsi Vitamin dan Mineral saat Hamil, Dapat Menurunkan Risiko Hipertensi
Annisa Karnesyia | HaiBunda
Rabu, 26 Mar 2025 09:50 WIBBunda perlu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral selama hamil untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin. Pemenuhan vitamin dan mineral juga dapat memberikan dampak positif pada kesehatan jangka panjang Bunda setelah melahirkan.
Studi terbaru yang diterbitkan di jurnal Hypertension pada Maret 2025 menemukan kaitan antara konsumsi vitamin dan mineral saat hamil dengan hipertensi ibu. Menurut hasil studi, konsumsi lebih banyak vitamin dan mineral tertentu selama kehamilan dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi di masa mendatang.
Lantas, jenis vitamin dan mineral apa saja yang dapat menurunkan risiko hipertensi setelah melahirkan?
Studi tentang manfaat konsumsi vitamin dan mineral saat hamil
Beberapa studi menemukan bahwa jenis mineral seperti mangan, selenium, magnesium, dan tembaga (copper), dapat menurunkan tekanan darah. Jenis logam esensial tersebut memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang terbukti mampu melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular.
Berdasarkan temuan tersebut, para peneliti dalam studi terbaru ini ingin mengetahui apakah kadar logam yang beredar dalam darah ibu selama kehamilan dapat memengaruhi risiko terkena tekanan darah tinggi di kemudian hari. Demikian seperti melansir dari laman American Heart Association (AHA).
"Orang-orang terus-menerus terpapar logam berat dan unsur jejak, dan banyak penelitian telah menunjukkan bahwa paparan logam dan unsur tersebut dapat berdampak pada kesehatan kardiovaskular, terutama menyebabkan hipertensi," kata penulis utama studi yang merupakan ahli epidemiologi dan instruktur kedokteran di Beth Israel Deaconess Medical Center dan Harvard Medical School, Dr. Mingyu Zhang.
Dalam studi ini, peneliti menganalisis data dari 493 perempuan yang terdaftar dalam Project Viva, sebuah studi berkelanjutan terhadap perempuan dan anak-anak di Massachusetts timur yang diluncurkan pada tahun 1999. Melalui sampel darah perempuan di tahap awal kehamilan yang dikumpulkan antara tahun 1999 dan 2002, peneliti lalu mengukur konsentrasi logam non-esensial dan vitamin.
Logam non-esensial ini termasuk arsenik, barium, kadmium, cesium, merkuri, dan timbal, serta logam esensial, termasuk tembaga, magnesium, mangan, selenium, dan seng. Sedangkan vitamin adalah asam folat dan vitamin B12.
Selama hampir 20 tahun kemudian, yakni antara tahun 2017 dan 2021, para peneliti kembali mengukur tekanan darah dari peserta studi, yang saat itu sudah berusia rata-rata 51 tahun. Peserta dianggap memiliki tekanan darah tinggi bila hasil pengukuran menunjukkan 130/80 mmHg atau lebih, atau bila peserta melaporkan tengah mengonsumsi obat untuk mengendalikan tekanan darah mereka.
Menurut AHA dan American College of Cardiology, tekanan darah yang dianggap normal adalah 120/80 mmHg, di mana 120 adalah pembacaan sistolik dan 80 adalah diastolik.
Hasil studi terbaru
Ada beberapa temuan dari studi terkait manfaat konsumsi vitamin dan mineral saat hamil yang dapat menurunkan risiko hipertensi, yakni:
- Bagi perempuan yang kadar tembaga dalam darahnya meningkat dua kali lipat selama kehamilan, risiko mengalami tekanan darah tinggi di usia paruh baya menurun 25 persen.
- Studi juga menemukan peningkatan dua kali lipat kadar mangan selama kehamilan dapat menurunkan risiko hipertensi 20 persen lebih rendah.
Semakin tinggi kadar kombinasi tembaga, mangan, selenium, dan seng yang ditemukan selama kehamilan, maka semakin rendah risiko mengalami tekanan darah tinggi di usia paruh baya. - Tidak ada hubungan antara logam non-esensial dan risiko tekanan darah.
- Perempuan dengan kadar vitamin B12 dua kali lipat yang ditemukan selama kehamilan memiliki pengukuran tekanan darah sistolik yang rata-rata 3,64 mmHg lebih rendah, dan pengukuran diastolik rata-rata 2,52 mmHg lebih rendah daripada mereka dengan kadar B12-nya rendah.
"Mengoptimalkan logam, mineral, dan vitamin esensial tersebut, khususnya tembaga, mangan, dan vitamin B12, selama kehamilan dapat memberikan manfaat perlindungan terhadap hipertensi di usia paruh baya, periode waktu yang sangat kritis bagi risiko kardiovaskular pada perempuan," ungkap Zhang.
Studi ini memang dapat menunjukkan manfaat konsumsi vitamin dan mineral selama hamil dengan menurunnya risiko hipertensi. Namun, studi tidak bisa dijadikan rekomendasi karena para peneliti tidak menganalisis dari mana perempuan mendapatkan vitamin dan mineral, apakah dari makanan atau suplemen.
Penelitian lebih lanjut, termasuk uji klinis tetap diperlukan untuk menentukan asupan makanan yang optimal pemenuhan mineral dan zat gizi mikro ini.
Demikian studi terbaru yang mengungkap manfaat pemenuhan vitamin dan mineral saat hamil yang dapat menurunkan risiko hipertensi di kemudian hari.
Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!
(ank/rap)Simak video di bawah ini, Bun:
Serba-Serbi Kalsium untuk Bumil, Cukup dari Makanan Sehat atau Perlu Suplemen?
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
Studi Terbaru Temukan Manfaat Vitamin D selama Kehamilan, Dapat Meningkatkan Kognitif Anak
15 Vitamin, Suplemen, dan Nutrisi yang Bagus untuk Ibu Hamil
Mengenal Kondisi Hypocalcemia pada Ibu Hamil, Gejala & Cara Mengatasinya
Manfaat Vitamin E untuk Ibu Hamil, Ketahui Dosis dan Waktu Minumnya
TERPOPULER
Cara Mengenali Orang yang Kesepian Secara Mental dan Emosional dari Obrolan Sehari-hari
Cara Membuat Bola Ubi Kopong Anti Gagal, Renyah di Luar Lembut di Dalam
Anak Jatuh dan Kepala Terbentur? Jangan Panik, Lakukan Ini Bun
Perempuan dengan Endometriosis Disarankan Segera Hamil, Ini Alasan di Baliknya
Tak Asal Bicara, Ini 7 Kalimat yang Dihindari Orang dengan EQ Tinggi
REKOMENDASI PRODUK
5 Rekomendasi Scalp Serum untuk Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok
Amira SalsabilaREKOMENDASI PRODUK
7 Ide Hiasan 17 Agustus 2026 Kemerdekaan yang Unik dan Menarik
Annisa KarnesyiaREKOMENDASI PRODUK
5 Wajan & Panci untuk Kompor Listrik Induksi, Awet & Anti Lengket
Amira SalsabilaREKOMENDASI PRODUK
7 Rekomendasi Susu UHT untuk Ibu Hamil
Amrikh PalupiREKOMENDASI PRODUK
7 Aksesori Anak untuk Karnaval Kemerdekaan 17 Agustus, Bikin Makin Gemas
Annisa KarnesyiaTERBARU DARI HAIBUNDA
Dea Annisa Tampil Cantik Berhijab saat Honeymoon usai Nikah
Cara Membuat Bola Ubi Kopong Anti Gagal, Renyah di Luar Lembut di Dalam
Sejarah Respon Internasional terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Perempuan dengan Endometriosis Disarankan Segera Hamil, Ini Alasan di Baliknya
Anak Jatuh dan Kepala Terbentur? Jangan Panik, Lakukan Ini Bun
FOTO
VIDEO
DETIK NETWORK
-
Rekomendit
Rambut Rontok Parah? Serum Aminexil Kerastase Genesis Diklaim Ampuh dari Akar
-
Beautynesia
Younghoon THE BOYZ Lanjutkan Karier Akting Bersama Agensi Namoo Actors
-
Female Daily
Bobbi Brown Hadirkan Vitamin Enriched Face Base+, Formula Baru dengan 5x Vitamin dan 24H Makeup Priming
-
CXO
Turnamen Voli SBY Cup 2026 di Magelang 13-17 Mei, Ada LavAni-Samator
-
Wolipop
Gaya Syahrini Tampil Serba Merah, Bros Unik Rp 288 Juta Bikin Salfok
-
Mommies Daily
Drama Hayoung yang Bisa Masuk Daftar Tontonan Mommies, Terbaru Our Sticky Love