sign up SIGN UP search


kehamilan

Vitamin Ibu Hamil: Pengertian, Jenis, dan Saran Dokter

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Kamis, 08 Sep 2022 09:10 WIB
Vitamin hamil caption
Jakarta -

Mencukupi kebutuhan nutrisi sangat penting sepanjang kehamilan, Bunda. Salah satu sumber nutrisi ini bisa didapatkan dari sumber mikronutrien, yakni vitamin hamil atau biasa disebut juga suplemen prenatal.

Setiap jenis vitamin hamil memiliki fungsi yang berbeda. Namun, kebanyakan vitamin dibutuhkan untuk menunjang kesehatan ibu hamil atau bumil dan janin. 

Saat hamil, kebutuhan kalori dan nutrisi juga akan meningkat untuk mendukung pertumbuhan janin. Bunda mungkin memerlukan tambahan vitamin dari suplemen untuk melengkapinya.


Banner Vitamin Ibu Hamil

Pengertian vitamin hamil

Melansir dari Web MD, vitamin kehamilan adalah suplemen yang berisi vitamin dan mineral yang dibutuhkan Bunda untuk mendapatkan kehamilan yang sehat. Dokter kandungan mungkin akan meresepkan suplementasi ini sejak Bunda mulai merencanakan kehamilan.

Selain dari suplemen, sumber vitamin juga bisa diperoleh dari makanan. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), konsumsi makanan sehat setiap hari akan menyediakan semua kebutuhan vitamin serta mineral yang dibutuhkan selama kehamilan.

"Vitamin serta mineral memainkan peran penting dalam semua fungsi tubuh," demikian tulis ACOG di laman resminya.

Jenis vitamin hamil

Selama hamil, ada beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan ibu hamil atau bumil beserta bayi dalam kandungan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut 6 jenis vitamin hamil yang Bunda perlu tahu:

1. Vitamin A

Vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan janin selama masa kehamilan. Pertumbuhan ini mencakup perkembangan jantung, paru-paru, ginjal, mata, tulang, serta sistem peredaran darah. Vitamin A ini juga bagus untuk menunjang perkembangan sistem saraf pusat hingga sistem pernapasan, Bunda.

"Vitamin A sangat penting bagi wanita yang akan melahirkan karena membantu jaringan pasca persalinan. Vitamin ini juga membantu menjaga kesehatan mata, melawan infeksi, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan metabolisme lemak," kata Hudson, melansir dari Baby Center.

Kebutuhan dan sumber vitamin A ibu hamil

Menurut ACOG, kebutuhan vitamin A bumil yang berusia 19 hingga 50 tahun ke atas 770 mikrogram (mcg). Sumber vitamin A dari makanan dapat diperolah dari sayuran hijau dan wortel.

2. Vitamin B untuk ibu hamil

Kumpulan vitamin B yang disebut vitamin B kompleks bermanfaat untuk mengatasi beberapa keluhan di sepanjang kehamilan. Beberapa di antaranya adalah kelelahan dan morning sickness, Bunda.

Nah, berikut manfaat vitamin B untuk bumil, seperti dikutip dari buku Dahsyatnya Hamil Sehat & Normal yang disusun oleh Erlysita Lammarisi, A.md, Ked., Dkk:

Vitamin B1

Vitamin ini berfungsi untuk mengurangi gejala morning sickness dan melancarkan pencernaan selama kehamilan. Sumber vitamin ini bisa didapatkan dari hati ayam, kacang-kacangan, dan gandum.

Vitamin B2

Vitamin B2 dapat membantu penguraian makanan yang dibutuhkan janin dan perkembangannya di minggu pertama kehamilan. Makanan sumber vitamin B2 adalah keju, brokoli, jamur, susu, telur, dan sayuran hijau.

Vitamin B3

Mampu mengatasi mual dan muntah, serta berperan dalam pembentukan sel otak janin. Sumber vitamin ini bisa didapatkan di sayuran hijau, gandum, kacang tanah, hati, dan susu.

Vitamin B5

Vitamin B5 berfungsi memelihara sel darah merah selama kehamilan. Vitamin ini bisa didapatkan dari buah alpukat, semangka, dan ikan sarden segar.

Vitamin B6

Vitamin B6 atau piridoksin berfungsi untuk meningkatkan imunitas. Makanan sumber vitamin B6 adalah gandum, susu, kacang kedelai, serta ikan.

Vitamin B12

Vitamin B12 dibutuhkan untuk membentuk sistem saraf pusat janin dan sel darah merah. Makanan sumber vitamin B12 bisa didapatkan di telur, susu, rumput laut, dan daging sapi.

3. Vitamin C ibu hamil

Ilustrasi wanita hamil makan jeruk atau buahIlustrasi ibu hamil makan jeruk atau buah/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Valeriy_G

Vitamin C dibutuhkan bumil untuk menjaga daya tahan tubuhnya nih. Vitamin ini juga berperan dalam perkembangan tulang serta gigi janin, Bunda.

Beberapa penelitian mengaitkan kadar vitamin C rendah dalam darah selama kehamilan bisa menyebabkan terjadinya preeklamsia. Menurut laporan Badan Kesehatan Dunia (WHO), suplementasi vitamin c selama hamil bisa mengurangi risiko solusio plasenta dan ketuban pecah, Bunda.

Dosis dan sumber vitamin C

Kebutuhan vitamin C selama kehamilan atau untuk usia 19 sampai 50 tahun adalah 85 miligram (mg) per hari. Sumber vitamin C dari makanan bisa didapatkan dari buah jeruk, brokoli, tomat, dan stroberi.

4. Vitamin D

ACOG menjelaskan bahwa vitamin D berperan penting dalam membangun tulang dan gigi janin. Vitamin ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mata dan kulit, Bunda.

Sementara menurut WHO, kekurangan vitamin D kerap dikaitkan dengan peningkatan risiko selama kehamilan, seperti preeklamsia, diabetes melitus gestasional, kelahiran prematur, dan kondisi spesifik pada jaringan.

"Suplementasi vitamin D selama kehamilan dapat meningkatkan kebutuhan akan vitamin ini dan mengurangi risiko preeklamsia, berat badan lahir rendah, dan kelahiran prematur. Namun, bukti suplementasi vitamin D untuk meningkatkan kesehatan ibu dan bayi masih terbatas," kata WHO, di laman resminya.

Dosis dan sumber vitamin D

Kebutuhan vitamin D selama hamil bisa sampai 600 IU per hari. Sumber vitamin ini bisa didapatkan dari sinar matahari, susu, dan ikan berlemak seperti salmin atau sarden.

5. Asam folat

Ibu hamil minum obatIbu hamil minum vitamin/ Foto: iStock

Salah satu vitamin penting yang dibutuhkan selama hamil adalah asam folat. Menurut dokter dokter obstetri dan ginekologi di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo,  dr.Ilham Utama Surya, SpOG, asam folat adalah vitamin B9 larut air yang bekerja memperbanyak jumlah sel, sebagai enzim metabolisme dan meregulasi genetik.

"Konsumsi asam folat dan zat gizi lainnya seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral lainnya menjadi penting selama kehamilan," kata Ilham kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Manfaat asam folat untuk bumil

  1. Menurut penelitian, pemberian asam folat dapat menurunkan kadar homosistein, sehingga menurunkan risiko gangguan pembentukan saraf janin hingga 87 persen.
  2. Suplementasi asam folat dapat menurunkan kejadian preeklamsia (keracunan dalam kehamilan), persalinan kurang bulan dan berat bayi lahir rendah.
  3. Konsumsi asam folat dan vitamin B12 bisa mengatasi anemia megaloblastic, yakni salah satu faktor risiko pendarahan pasca melahirkan.

Dosis dan sumber asam folat

Menurut Institute of Medicine, kebutuhan harian asam folat selama kehamilan dan menyusui meningkat, yakni 0,6 mg dan 0,5 mg. Bumil dianjurkan untuk mengonsumsi asam folat tambahan sebesar 0,4 mg per hari dalam bentuk suplementasi.

Sumber asam folat juga bisa didapatkan dari makanan, seperti hati, ekstrak ragi, sayuran hijau, kacang-kacangan, buah jeruk, dan fortifikasi sereal

Mineral penting untuk ibu hamil

6. Zat besi

Selain vitamin, Bunda juga perlu memenuhi asupan mineral selama hamil. Salah satunya adalah zat besi.

Menurut dr. Adila Rossa Amanda Malik, Sp.OG dari RS Hermina Jatinegara, zat besi diberikan pada Bunda hamil untuk mencegah kekurangan zat besi. Pada bumil yang mengalami kekurangan zat besi, pemberian suplementasi disesuaikan dengan berat badan dan usia kehamilan.

"Pemberian suplementasi zat besi biasanya dikejar di trimester tiga. Sebab, di trimester ini kadar zat besi dan sel darah merah akan menjadi cadangan untuk janin sampai dia lahir dan berusia tiga bulan," kata Adila saat dihubungi HaiBunda, belum lama ini.

Dosis dan sumber zat besi

Pada ibu hamil tanpa anemia setidaknya membutuhkan asupan zat besi 1050 mg per hari. Bunda bisa mendapatkan zat besi dari makanan, seperti daging sapi, hati ayam, hati sapi, kerang, telur, biji-bijian, brokoli, kale, dan buah bit.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak penjelasan soal vitamin hamil dalam video di bawah ini:

(ank/rap)
kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!