kehamilan

Ini Alasan Vitamin B3 Bisa Cegah Keguguran

Asri Ediyati 11 Agu 2017
Vitamin B3 bisa cegah keguguran/ Foto: Ari Saputra/detikcom Vitamin B3 bisa cegah keguguran/ Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta - Bun, tahu nggak sih kalau ternyata vitamin B3 bisa membantu mencegah keguguran. Vitamin ini juga bisa membantu mencegah kecacatan pada janin. Kok bisa sih?

Menurut studi yang dilakukan di Australia, vitamin B3 itu bisa mencegah keguguran. Mereka mengumumkan hasil penelitian ini nggak main-main lho, Bun. Mereka yang terdiri dari peneliti-peneliti di Sydney's Victor Chang Cardia Institute ini udah melakukan riset tentang vitamin B3 selama 12 tahun.

Para ilmuwan ini menggunakan sampel gen pada keluarga yang menderita keguguran dan cacat pada lahir. Ternyata mereka menemukan mutasi gen yang dapat mempengaruhi produksi NAD (Nikotinamid Adenin Dinukleotida). Nah, menurut penelitian yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine ini, kekurangan NAD dapat membahayakan perkembangan bayi dan organ tubuh di dalam rahim.

"Tim kami menemukan bahwa kekurangan NAD ini dapat disembuhkan, kemudian keguguran dan cacat lahir ini dapat dicegah dengan mengonsumsi vitamin B3," kata Prof Dunwoodie dikutip dari Telegraph. Vitamin B3, juga dikenal dengan niacin dapat ditemukan di berbagai daging dan sayuran hijau.

Nggak cuma itu, para ilmuwan juga membuktikan efek vitamin B3 pada embrio hewan coba yang memiliki mutasi genetik yang sama dengan keluarga yang mendertia keguguran dan cacat saat lahir. Hasilnya, yang tidak diberi tambahan vitamin B3 mengalami keguguran dan bayi terlahir dengan cacat. Sedangkan yang diberikan suplemen tambahan, bayinya lahir dengan sehat.

Para ilmuwan ini sekarang melakukan tes yang mengukur tingkat NAD untuk mengidentifikasi wanita yang memiliki risiko keguguran. Prof Dunwoodie juga mengatakan bahwa suplemen kehamilan sekarang nggak menjamin bisa memenuhi kebutuhan bumil, riset juga menunjukkan bahwa sepertiga dari wanita yang hamil tidak memenuhi asupan vitamin B3 di usia trimester yang pertama.

Tuh Bun, kebutuhan vitamin B3 Bunda udah terpenuhi belum? Jangan lupa konsumsi makanan yang mengandung vitamin B3 ini ya. (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi