kehamilan

Ibu Hamil Malas Mandi, Pertanda Bayinya Laki-laki?

Radian Nyi Sukmasari 13 Agu 2017
Ilustrasi ibu hamil/ Foto: Ari Saputra Ilustrasi ibu hamil/ Foto: Ari Saputra
Jakarta - 'Pas hamil kok kamu malas mandi ya? Wah, kayaknya anakmu laki-laki deh'. Pernah dengar ucapan kayak gitu dari orang sekitar Bun? Memang, seringkali kondisi ibu hamil dikaitkan sama bayi di kandungan. Tapi apa benar kalau pas hamil kita malas mandi atau dandan, bayi yang dikandung jenis kelaminnya laki-laki?

Kalau kata dr Yuslam Edi Fidianto SpOG dari RS Mayapada Lebak Bulus, soal anggapan ibu hamil malas mandi berarti anaknya laki-laki, susah dijelaskan secara ilmiah, Bun. Tapi, memang kondisi itu bisa berkaitan sama perubahan hormonal yang dialami ibu hamil.

dr Yuslam bilang, kalau bayi yang dikandung laki-laki, hormon testosteron di tubuh ibu hamil bakal meningkat. Nah, meningkatkan kadar testosteron itu bisa mengakibatkan seseorang kulitnya jadi lebih berminyak.

"Kalau kulit berminyak kan rasanya malah hangat, bisa aja bikin malas mandi. Kadar hormon testosteron yang meningkat juga bisa bikin bulu tubuh ibu hamil melebat," kata dr Yuslam waktu ngobrol sama HaiBunda.

Baca juga: Perubahan yang Paling Menyenangkan Saat Hamil

Makanya Bun, sering juga nggak dengar komentar orang kalau bulu ibu hamil jadi lebih banyak dari sebelum hamil, anaknya jangan-jangan laki-laki nih. Kedua kondisi itu kata dr Yuslam memang bisa terjadi karena adanya pengaruh hormonal. Tapi, ini bukan sesuatu yang pasti lho.

"Tapi apakah mesti begitu. Kalau malas mandi dan bulunya lebih lebat, anaknya pasti laki-laki? Nggak juga. Nggak bisa kita pastikan kayak gitu," tambah dr Yuslam.

Selain malas mandi dan malas dandan, ada juga nih ibu hamil yang nggak mengalami perubahan apa-apa dan rutinitas bersolek tetap berjalan. Kalau mau melakukan itu, dr Yuslam berpesan selama nggak pakai kosmetik yang mengandung merkuri, ekstrak plasenta, dan steroid, silakan aja Bunda bersolek.

Tapi, kalau untuk mempercantik penampilan ibu hamil mau mengecat rambut, sebaiknya tunda dulu sampai nanti selesai menyusui ya. Karena, cat rambut mudah meresap ke pori-pori rambut dan nggak menutup kemungkinan akan terserap ke dalam darah. Tapi, kalau sekadar pakai lipstik, sabun cuci muka, dan bedak, kata dr Yuslam nggak masalah dilakukan ibu hamil.

Baca juga: Ibu Hamil Dilarang Dekat-dekat Kucing Biar Nggak Kena Tokso? (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi