kehamilan

Ini 7 Sarapan Sehat untuk Ibu Hamil

Niken Widya Yunita 27 Jun 2018
Ini 7 Sarapan Sehat untuk Ibu Hamil/ Foto: Ilustrasi (Thinkstock) Ini 7 Sarapan Sehat untuk Ibu Hamil/ Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta - Ibu hamil saat bangun pagi terkadang mengalami mual. Ada juga ibu hamil yang kelaparan saat bangun pagi. Nah, pilihan sarapan yang sehat penting agar ibu hamil tetap sehat dan pertumbuhan janin.

Beberapa wakt lalu, Ketua Departemen Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran UGM, Profesor Dr Toto Sudargo, bilang seorang ibu hamil juga harus cukup mengonsumsi makanan yang mengandung makronutrien dan mikronutrien. Bila tidak, risikonya bisa berbahaya terhadap pertumbuhan janinnya.

"Makronutrien itu seperti karbohidrat, protein, lemak. Mikronutrien selain yodium, ya seperti FE (zat besi), asam folat dan lainnya. Itu dalam kehamilan wajib ada di dalam makanan," terang Prof Toto.



Nah, Bun, yuk simak 7 sarapan sehat yang direkomendasikan untuk ibu hamil:

1. Smoothie Hijau

Smoothie hijau bisa dibuat dengan susu almond, yoghurt, kiwi, bayam, dan biji chia. Smoothie ini mengandung vitamin C dari kiwi dan protein serta kalsium dari yoghurt. Bayam sangat penting untuk kelancaran ASI saat kita sudah melahirkan. Sementara biji chia merupakan sumber dari omega 3.

Untuk membuat smoothie ini, campur semua 1/2 cangkir susu almond, 1/2 cangkir yogurt, kiwi, segenggam bayam, dan satu sendok makan biji chia. Demikian seperti dikutip dari Parents.

2. Roti Gandum Panggang Isi Telur Rebus dan Alpukat

Satu kuning telur mengandung sekitar seperempat kolin yang ibu hamil butuhkan setiap hari. Kandungan ini membantu meningkatkan fungsi dan perkembangan otak janin. Selain itu serat banyak didapat dari roti gandum dan alpukat.

3. Oatmeal dengan Kenari dan Apel

Persiapkan oatmeal ini pada malam sebelumnya. Cukup campurkan 1/2 cangkir oat dengan 1/2 cangkir susu, taburi dengan sesendok kenari cincang, dan parut setengah apel. Kocok, lalu tinggalkan di lemari es semalaman. Selanjutnya siap disajikan untuk sarapan deh!

4. Telur Dadar Isi Kacang dan Keju

Telur, kacang, dan keju akan membantu ibu hamil mendapatkan 25 gram tambahan protein harian yang dibutuhkan. Untuk mempersiapkannya, buat telur dadar. Lalu tambahkan dua sendok makan kacang, dan dua sendok makan keju parut. Bumbui dengan garam dan merica lalu gulung dan lipat.

Ini 7 Sarapan Sehat untuk Ibu HamilFoto: Istimewa


5. Sereal dengan Berries dan Susu

Sereal bisa menyediakan 10-14 gram serat per porsi. Jika nggak nyaman untuk makan banyak di pagi hari, cobalah ngemil sereal kering sebagai gantinya. Pilih sereal yang diperkaya zat besi dengan topping buah berri. Vitamin C akan membantu penyerapan zat besi lebih banyak.

6. Muffin dengan Almond Butter dan Pisang

Jika ibu hamil ingin makan manis di pagi hari, buatlah muffin. Tambahkan almond butter yang mengandung omega 3. Jangan lupa untuk memberikan pisang yang kaya vitamin B6. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa nutrisi ini dapat membantu mengurangi morning sickness.

7. Crackers Gandum Keju dan Teh Peppermint

Terlalu mual untuk beranjak ke dapur di pagi hari? Mintalah suami atau anggota keluarga untuk membawakan sarapan ke tempat tidur. Crackers gandum keju dan teh peppermint akan menstabilkan perut. Sedangkan keju akan membantu memenuhi kebutuhan kalsium dan protein.

Oh iya, jangan abaikan asupan zat besi saat hamil ya. Prof Toto mengingatkan kebutuhan zat besi untuk ibu hamil adalah dua kali lipat dari normal, menjadi 120 miligram per hari. Risiko kekurangan zat besi pada ibu hamil bisa menyebabkan anemia. Nah, anemia pada ibu hamil sangat berbahaya karena bisa menyebabkan keguguran, janin lahir mati, dan kelak anak tidak cerdas.

Zat besi bisa didapat dari bayam dan kacang-kacangan. Selain itu jangan abaikan makanan yang mengandung asam folat seperti sereal, asparagus serta makanan yang mengandung kalsium, yodium dan omega 3. Nah ibu hamil jangan lupa juga untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari. Saat sarapan, ibu hamil bisa minum 2 gelas air putih.

Selamat sarapan sehat, Bumil!

(nwy/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi