kehamilan

Konsumsi Ikan Saat Hamil Tingkatkan Perkembangan Otak Janin

SIti Hafadzoh Selasa, 09 Okt 2018 - 15.00 WIB
Ilustrasi ikan untuk dikonsumsi ibu hamil/ Foto: iStock Ilustrasi ikan untuk dikonsumsi ibu hamil/ Foto: iStock
Jakarta - Ketika hamil, Bunda pasti berupaya mengonsumsi makanan sehat supaya tumbuh kembang janin optimal. Dokter juga menyarankan konsumsi berbagai sayur, buah, daging, dan ikan. Tapi masih ada nih Bunda yang tidak mau mengonsumsi ikan saat hamil. Padahal, manfaatnya luar biasa lho.

Ya, mungkin ada beberapa ibu hamil yang enggan makan ikan karena khawatir ada merkuri yang terkandung dalam ikan, terutama ikan laut. Tapi Bunda tahu nggak? Ikan sangat bermanfaat bagi perkembangan janin lho, Bun. Dilansir Science Daily, pola makan ibu ketika hamil dan menyusui sangat penting untuk perkembangan bayi. Konsumsi asam lemak tak jenuh dapat membantu perkembangan otak bayi pada satu tahun pertama kehidupan.

Asam lemak tak jenuh berfungsi untuk membentuk sel-sel saraf penglihatan, khususnya retina. Zat ini juga penting dalam pembentukan sinapsis yang berfungsi menghubungkan pesan-pesan ke saraf dalam sistem saraf. Nah, Bunda bisa banget mendapat asam lemak tak jenuh ini dari berbagai jenis ikan.

Menurut penelitian yang dilakukan Kirsi Laitinen dan tim dari University of Turku and Turku University Hospital di Finlandia, ibu hamil yang mengonsumsi ikan lebih dari tiga kali seminggu pada trimester ketiga menunjukkan perkembangan janin yang lebih optimal. Kondisi ini jauh lebih baik dibanding bila ibu hamil sama sekali nggak makan ikan dalam seminggu atau hanya dua kali seminggu.

"Hasil penelitian kami menunjukkan seringnya ibu hamil makan ikan sangat bermanfaat untuk janinnya. Ini mungkin disebabkan oleh asam lemak tak jenuh dalam ikan. Juga nutrisi lain seperti vitamin D dan E yang juga penting untuk perkembangan janin," jelas Laitinen.


Ilustrasi hamilIlustrasi hamil/ Foto: thinkstock
Namun, sebaiknya Bunda selektif dalam memilih ikan yang akan dikonsumsi karena beberapa ikan mengandung merkuri yang tinggi. Tentu zat ini sangat berbahaya bagi ibu hamil dan janin. Dikutip dari detikcom, sebaiknya ibu hamil menghindari beberapa ikan, seperti ikan todak, king mackarel, tilefish, dan ikan kakap karena kandungan merkurinya yang cukup tinggi.

Ibu hamil disarankan untuk konsumsi ikan salmon, sarden, kembung, dan ikan air tawar karena kandungan merkurinya rendah.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi