nutrisi

Makan Ikan Tak Cuma Bikin Anak Makin Cerdas, Ini Manfaat Lainnya

Asri Ediyati 05 Jan 2018
Makan Ikan Tak Cuma Bikin Anak Makin Cerdas, Ini Manfaat Lainnya/ Foto: ilustrasi/thinkstock Makan Ikan Tak Cuma Bikin Anak Makin Cerdas, Ini Manfaat Lainnya/ Foto: ilustrasi/thinkstock
- Yang kita tahu, ikan adalah salah satu pangan sumber protein dan lemak yang baik. Omega 3 dan omega 6 berperan penting dalam pembentukan dan perkembangan sel otak, sehingga dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan anak. Nah, menurut studi yang dilakukan baru-baru ini, anak yang mengonsumsi ikan walaupun satu kali dalam seminggu nggak cuma punya skor IQ lebih tinggi, tapi ada pengaruh juga ke pola tidurnya.

Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Scientific Reports bulan lalu. Hasil studi menunjukkan bahwa ada hubungan antara omega-3s dengan kenaikan IQ dan perbaikan pola tidur anak. Omega-3s sendiri merupakan asam lemak esensial yang ditemukan di ikan laut dalam seperti salmon, sarden, dan tuna.

"Sebanyak 541 anak umur 9 hingga 11 tahun diteliti dan menjawab seberapa sering mereka makan ikan dengan kuisioner. Kemudian, hingga beranjak 12 tahun, anak-anak tersebut diteliti kembali dengan melakukan tes IQ," ujar Adrian Raine, salah satu penulis dan profesor kriminologi, psikiatri dan psikologi di University of Pennsylvania dikutip dari Time.

Orang tua juga menjawab pertanyaan tentang kualitas tidur. Anak-anak yang makan lebih banyak ikan memiliki lebih sedikit gangguan saat tidur, juga menunjukkan kualitas tidur yang lebih baik secara keseluruhan.

"Tampaknya banyak manfaat kognitif yang berdampak pada kualitas tidur. Sejak dini, otak jauh lebih plastis. Kami mungkin mengantisipasi bahwa konsumsi ikan di awal kehidupan mungkin sangat bermanfaat untuk tidur dan kognitif anak," papar Adrian.

Kata Adrian, yang terpenting adalah diet anak harus benar-benar seimbang. Nggak perlu terlalu banyak konsumsi ini itu. Kata Raine, bahkan jika orang tua bisa memasak ikan seminggu sekali, itu cukup membuat peningkatan dalam belajar dan kinerja anak di sekolah. Tentunya juga meningkatkan kualitas tidur.

"Anak-anak harus diperkenalkan ikan sejak dini. Selama ikan tidak bertulang dan telah dicincang halus, anak-anak dapat mulai sering memakannya sekitar usia 2 tahun," ucap Jennifer Pinto-Martin, rekan penulis studi dan direktur eksekutif Penn's Center for Public Health Initiatives dikutip dari CNN.

Hmm, jadi apakah minggu ini sekeluarga sudah makan ikan, Bun?
(aci/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi