kehamilan

12 Buah Kaya Manfaat untuk Ibu Hamil

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 10 Jan 2019 - 13.07 WIB
1. Aprikot
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

1. Aprikot

Aprikot mengandung vitamin A, C, dan E. Lalu kalsium, zat besi, potassium, beta karoten, prophone, dan silikon. Aprikot mengandung nutrisi yang penting untuk tumbuh dan kembang bayi. Aprikot juga mengandung kalsium yang membantu pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

2. Jeruk

Jeruk kaya akan folat, vitamin C, dan air yang bisa membantu penyerapan zat besi. Folat yang dikonsumsi saat hamil juga bisa membantu mencegah kelainan otak dan sumsum tulang belakang. Bunda perlu tahu, cacat tabung saraf bisa menyebabkan kondisi seperti spina bifida, di mana tulang belakang tidak berkembang dengan baik.

3. Mangga

Mangga baik dikonsumsi ibu hamil karena kaya akan vitamin C dan A. Kurang asupan vitamin A bisa memicu risiko komplikasi seperti infeksi pernapasan.

Ilustrasi buah ibu hamilIlustrasi buah ibu hamil/ Foto: Istock

4 Pir

Pir kaya akan serat, kalium dan folat. Potassium yang terkandung dalam pir baik untuk jantung bayi dan si ibu hamil.

5. Delima

Delima baik dikonsumsi ibu hamil karena mengandung vitamin K, kalsium, folat, zat besi, protein, dan serat. Vitamin K yang terkandung pada delima juga bermanfaat menjaga kesehatan tulang. Selain itu, Bun, penelitian menunjukkan, minum jus buah delima bisa bantu mengurangi gangguan pada plasenta.

6. Alpukat

Buah yang satu ini baik banget dikonsumsi ibu hamil. Alpukat mengandung vitamin C, E, dan K, asam lemak tak jenuh, serat, vitamin B, kalium, tembaga, dan lemak sehat yang mencegah cacat tabung saraf. Alpukat juga bermanfaat menjaga kesehatan kulit bayi dan jaringan otak si kecil.

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi