kehamilan

Bunda, Catat Yuk Persiapan Penting Sebelum Jalani Operasi Caesar

Muhayati Faridatun Jumat, 11 Jan 2019 - 16.07 WIB
Ilustrasi persiapan operasi caesar/ Foto: iStock Ilustrasi persiapan operasi caesar/ Foto: iStock
Jakarta - Bunda sudah merencanakan kelahiran sang buah hati lewat operasi caesar? Pastinya banyak hal yang harus Bunda persiapkan, termasuk kesiapan mental. Kalau semuanya telah dipersiapkan dengan baik, tentu akan membantu selama proses hingga setelah persalinan.

Penting lho Bun, untuk mencatat apa saja yang Bunda perlukan dan lakukan untuk mempersiapkan kelahiran. Nggak ada salahnya juga, Bun, konsultasi dengan bidan atau dokter untuk memastikan beberapa hal berikut, seperti dilansir Tommy's:

1. Siapa yang boleh mendampingi Bunda di ruang operasi.

2. Bolehkah mengambil atau merekam gambar selama operasi.

3. Minta ketenangan saat kelahiran, agar yang terdengar hanya suara tangisan bayi.

4. Jika ingin melihat jelas saat bayi lahir, cobalah minta disediakan layar.

5. Pastikan bisa langsung bersentuhan skin-to-skin dengan bayi Bunda.


Setelah itu, Bunda juga harus mempersiapkan apa saja yang perlu dibawa ke rumah sakit. Pilihlah benda yang benar-benar Bunda butuhkan untuk membantu sebelum dan sesudah menjalani operasi caesar. Antara lain:

1. Buku atau majalah favorit untuk dibaca sambil menunggu waktu operasi agar Bunda lebih rileks.

2. Baju ganti atau kain untuk menjaga Bunda dan bayi tetap hangat selama sentuhan skin-to-skin.

3. Baju tidur untuk malam pertama di rumah sakit. Daster sangat dianjurkan karena setidaknya Bunda akan pakai kateter selama 12 jam setelah operasi.

4. Baju yang longgar dan nyaman diperlukan agar tidak menekan luka bekas operasi, juga baju atasan dengan kancing untuk memudahkan Bunda saat menyusui.

5. Bantal yang membantu Bunda lebih nyaman saat menyusui.

6. Pembalut bersalin masuk dalam persediaan tambahan untuk 2 - 4 hari selama di rumah sakit.

7. Kunyah permen karet untuk mengembalikan fungsi usus dan kapsul minyak peppermint untuk membantu mengatasi masuk angin. Setelah operasi, butuh waktu beberapa jam atau hari untuk usus bekerja lagi dengan normal.

8. Sandal yang lembut dan empuk agar Bunda nyaman saat berjalan setelah operasi.

9. Konsultasi juga dengan bidan tentang apa saja yang harus Bunda bawa dan persiapkan.

Ilustrasi persiapan operasi caesar/ Ilustrasi persiapan operasi caesar/ Foto: iStock
Sedangkan yang harus Bunda hindari saat menjalani operasi caesar, yakni menggunakan make-up, cat kuku atau kuteks, kontak lensa atau kacamata. Bunda juga harus melepas semua perhiasan yang melekat, termasuk cincin pernikahan.

Dilansir The Health Site, perhiasan yang dipakai bisa meningkatkan kemungkinan infeksi karena bukan potongan logam yang steril. Perhiasan juga tempat menempelnya banyak mikroba, terlebih di permukaan, yang tidak terlihat mata telanjang.

Karena terbuat dari logam, perhiasan bisa cepat bereaksi akibat adanya perubahan suhu dan berpotensi menyebabkan luka bakar. Kalau perhiasan bereaksi dengan bahan kimia apa pun di ruang operasi, dikhawatirkan menyebabkan pembengkakan dan masalah kulit lainnya.


Sementara dikutip dari Baby Center, bidan atau dokter biasanya menyarankan Bunda tidak mencukur rambut di area vagina hingga seminggu sebelum operasi. Lebih tepat jika Bunda mencukurnya tepat sebelum operasi dan lebih aman dengan antiseptik untuk mengurangi risiko infeksi.

Beberapa ibu hamil mungkin lebih suka mencukur rambut kemaluan mereka sebelum operasi caesar karena balutan luka cukup lengket. Saat melepas atau mengganti celana dalam, Bunda juga bisa merasa tidak nyaman kalau ada banyak rambut di sekitar vagina.

(muf/rap)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi