kehamilan

Penyebab Ibu Hamil Jadi Lebih Sering Kentut

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 30 Jan 2019 - 14.05 WIB
Ilustrasi ibu hamil kentut/ Foto: iStock Ilustrasi ibu hamil kentut/ Foto: iStock
Jakarta - Hamil bisa membuat Bunda mengalami berbagai hal ltak terduga. Salah satunya jadi lebih sering kentut. Memang, kentut itu manusawi dan wajar terjadi. Tapi kalau saat hamil kita jadi gampang dan sering kentut kan malu juga ya, Bun. He-he-he.

Eits, tapi bagaimanapun kita nggak perlu minder sampai malu pada diri sendiri kok. Jadi lebih sering ketut saat hamil wajar terjadi. Soalnya, hormon progesteron selama hamil meningkat dan mengakibatkan sistem pencernaan melambat.

Dilansir Health Line, disebutkan melambatnya sistem pencernaan membuat produksi gas di pencernaan ibu hamil meningkat. Sehingga, ibu hamil jadi lebih mudah dan sering kentut. Nah, ibu hamil juga jadi lebih sulit mengontrol aktivitas buang anginnya karena memang kontrol otot pada saluran pencernaan mengalami perubahan, Bun.

Ilustrasi ibu hamil kentutIlustrasi ibu hamil kentut/ Foto: Thinkstock

"Ibu hamil nggak perlu malu dan khawatir akibat jadi lebih mudah dan sering kentut. Ini normal. Segala perubahan tak terduga bisa dialami ibu hamil. Selain lebih mudah kentut ibu bisa mengalami sembelit, ambeien, sampai peningkatan cairan vagina," kata dokter spesialis kandungan Michele M. Hakakha, MD, yang juga penulis buku Expecting 411: Clear Answers & Smart Advice for Your Pregnancy.


Michele menyarankan, untuk mengurangi kentut ibu bisa rutin olahraga. Sebab, olahraga bisa membantu ibu hamil menambah gerakan pada saluran cerna sehingga makanan lebih cepat tercerna. Kemudian, Michele menyarankan ibu hamil menghindari makanan yang bisa menambah produksi gas seperti minuman berkarbonasi, buah kering, kembang kol, brokoli, dan kacang-kacangan.

Pada beberapa ibu hamil, produk susu juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang mengakibatkan lebih mudah atau sering kentut. Demikian disampaikan dokter ob-gyn dari University of Nebraska Medical Center College of Medicine, Sonja Kinney, MD. Padahal, nggak sedikit ibu hamil yang coba rutin minum susu selama hamil.

"Tapi ketika mengalami intoleransi laktosa, ibu hamil bisa lebih mudah dan sering kentut. Untuk itu, cobalah minum susu yang tidak mengandung laktosa atau konsumsi makanan kaya kalsium lain," ujar Sonja dikutip dari Web MD.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi