kehamilan

Pentingnya Diet Sehat Selama Jalani Program Bayi Tabung

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 17 Mar 2019 - 17.02 WIB
Diet mediterani/ Foto: iStock Diet mediterani/ Foto: iStock
Jakarta - Bunda tertarik untuk menjalani program bayi tabung? Salah satu yang harus diketahui adalah pentingnya diet sehat selama proses berlangsung.

Menerapkan diet sehat penting banget dilakukan,saat menjalani program bayi tabung atau In Vitro Fertilization (IVF). Bunda harus selektif memilih makanan agar program yang dijalani membuahkan kesuksesan.

Dr Aimee Eyvazzadeh, seorang spesialis fertilitas endokrinologi reproduksi merekomendasikan diet mediterania untuk dijalani setiap harinya. Diet ini diketahui dapat memberikan nutrisi positif yang dibutuhkan tubuh, khususnya bagi wanita yang menjalani program IVF, dikutip dari laman Health Line.


"Diet juga akan mempengaruhi kesehatan sperma. Untuk itu, Bunda dapat bersama-sama dengan pasangan melakukan diet Mediterania,"kata Eyvazzadeh.

Dalam menjalani program diet Mediterania, Bunda dapat mengisi asupan dengan buah-buahan dan sayuran segar serta memilih protein tanpa lemak seperti ikan dan unggas. Bunda juga dapat memilih biji-bijian utuh seperti quinoa dan pasta gandum.

Kemudian, beralihlah ke produk susu yang rendah lemak dan mengonsumsi lemak sehat seperti yang terdapat pada alpukat, extra virgin olive oil, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Hindari pula sementara waktu untuk mengonsumsi daging merah, biji-bijian olahan, dan makanan olahan lainnya ya, Bun.


Pentingnya Diet Sehat Selama Jalani Program Bayi TabungDiet sehat/ Foto: iStock

Melansir Parenting First Cry, asupan makanan yang kaya asam folat juga sangat penting dimasukkan dalam diet harian, Bun. Keberadaan asam folat sangat penting untuk memastikan bahwa embrio yang terbentuk sehat dan bebas dari gangguan perkembangan. Makanan yang kaya asam folat dapat Bunda penuhi dari kacang polong, bayam, brokoli, kiwi, tahu, dan lainnya.


Jangan lupa juga untuk mencukupi kebutuhan air setiap harinya, Bun. Tetapkan jadwal minum segelas air per jam atau lebih, untuk memastikan setidaknya Bunda mengonsumsi 8 gelas air setiap harinya. Ingat ya Bun, kesuburan sangat terkait dengan air, dimana kadar air yang optimal dapat membantu menjaga keseimbangan elemen tubuh dengan baik. Selamat mencoba, Bun.

[Gambas:Video 20detik]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi