kesehatan

Teknik Pijat Bayi oleh Wanita Ini Bikin Warganet Takut

Asri Ediyati 16 Mei 2018
Teknik Pijat Bayi oleh Wanita Ini Bikin Warganet Takut/ Foto: Thinkstock Teknik Pijat Bayi oleh Wanita Ini Bikin Warganet Takut/ Foto: Thinkstock
Almaty, Kazakhstan - Tak seperti orang biasa, perlu ada pertimbangan dan konsultasi lebih dulu untuk memijat bayi. Tentu, pijat bayi pun kita nggak boleh sembarangan memilih jasa pijatnya, kalau perlu yang sudah bersertifikat. Nah, seorang tenaga pijat bersertifikat profesional, Larissa Orynbasarovna, melakukan pijat bayi yang dinilai terlalu ekstrem oleh warganet. Kenapa ya?

Aksinya telah direkam dalam sebuah video, ia tampak menggantung bayi dari pergelangan kaki dan mengayunkannya. Meskipun sudah sebelas tahun menjadi tenaga profesional tapi dia memang mengaku kalau metodenya itu nggak konvensional. Ia juga mengklaim kalau metode menggantung bayi dari kaki, lengan dan leher dapat menyembuhkan bayi yang cacat.

"Saya membantu anak-anak. Saya telah bekerja dengan begitu banyak bayi selama bertahun-tahun, banyak yang cacat seperti leher atau kaki bengkok. Pijatan saya menyembuhkan mereka," tutur Larissa dikutip dari Independent.



Meskipun terlihat mengejutkan, metode pijat bayi ini diduga menjadi populer di Kazakhstan. Sekali terapi hanya memakan waktu sepuluh hingga 15 menit dan biaya yang perlu dikeluarkan untuk jasanya sebesar kurang lebih Rp 127 ribu.

Dalam klip video Larissa melakukan 'baby massage' dia mulai dengan memegang bayi dari pergelangan kakinya dan membuatnya menekuk kakinya saat dia mengayunkannya dari sisi ke sisi. Dia kemudian memegangnya tegak sebelum membuatnya terbalik sambil memegangi lengannya. Ia kemudian melanjutkan dengan cepat menarik lengan bayi ke atas dan ke bawah, yang tampaknya membuat kepalanya tersentak ke atas.

Setelah mengayunkan bayi dari sisi ke sisi lagi sambil menggenggam pergelangan tangannya, dia kemudian secara singkat membalikkan tubuhnya sekali lagi sebelum membalikkan tubuhnya untuk kedua kalinya. Di bagian terakhir dari video, Larissa memegang bayi laki-laki dengan memegang pipinya dengan kuat, membuat seluruh tubuhnya berayun dari leher.

[Gambas:Youtube]


Videonya memicu reaksi di antara pengguna media sosial ketika diposting secara online. Beberapa di antaranya, 'Anda tidak seharusnya menangani bayi seperti itu. Tulang mereka masih tumbuh dan rapuh', 'Pijat bayi sebagai "penyiksaan", sementara ada juga yang berkomentar bahwa itu adalah hal yang paling konyol yang pernah dilakukan pada bayi.

Menurut National Childbirth Trust (NCT), pijat bayi dapat digunakan untuk ikatan dengan bayi Anda dan untuk menenangkan mereka. Berbeda dengan teknik yang dilakukan Larissa, NCT merekomendasikan untuk mengelus lembut bayi dengan sedikit minyak sambil memastikan bahwa tubuh bayi cukup didukung dalam posisi yang nyaman. Organisasi tersebut juga menyatakan bahwa kita juga harus memeriksa apakah kulit bayi akan memiliki reaksi buruk terhadap minyak dan berhenti memijat jika anak itu menjadi kesal atau tertidur.

Apa opini Bunda terkait teknik pijat ini? Yuk, bagikan di kolom komentar.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi