kesehatan

Obat Alami Redakan Bronkitis Seperti Dialami Ariana Grande

Muhayati Faridatun Senin, 31 Des 2018 - 19.03 WIB
Obat alami redakan bronkitis/ Foto: iStock Obat alami redakan bronkitis/ Foto: iStock
Jakarta - Penyakit bronkitis bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Tak terkecuali penyanyi muda asal Amerika Serikat, Ariana Grande. Ia bahkan harus menunda jadwal konsernya lho, Bun.

Dilansir detikcom, Ariana Grande dijadwalkan konser saat penghujung tahun di salah satu kasino di Las Vegas. Dilaporkan situs Thirty Mile Zone (TMZ), penyanyi 25 tahun ini terserang bronkitis sehingga harus membatalkan performanya.


Lewat Instagram, Ariana Grande memastikan tidak bisa tampil dalam konser malam pergantian tahun. Kalau memaksakan diri, penyanyi kelahiran Florida ini khawatir tidak bisa memberi suguhan terbaiknya.

"Saat ini, saya sedang berusaha mengatasi masalah kesehatan. Pembatalan ini sangat disesali, dan saya berharap bisa ketemu kalian tahun depan. Aku mencintai kalian semua," tulis Grande.
Ariana Grande/ Ariana Grande/ Foto: instagram/arianagrande
Seperti dilansir Very Well Health, bronkitis merupakan iritasi dan radang saluran udara yang membawa udara masuk dan keluar dari paru-paru. Bronkitis akut dan bronkitis kronis memiliki gejala yang sama, termasuk batuk kering, batuk produktif dan sesak napas.

Sementara dikutip dari Mayo Clinic, penyakit yang umumnya bersifat akut ini biasanya diawali demam atau masalah infeksi pernapasan. Selain demam, pasien juga mengalami ketidaknyamanan di bagian dada dan napas pendek.

Pada sebagian kasus Bun, bronkitis bisa diatasi dengan istirahat yang cukup dan obat-obatan yang mudah diperoleh di apotek. Namun, ada juga lho cara alami untuk meredakan bronkitis dengan dua bahan yang biasa ditemui di dapur Bunda.

Ya, madu dan lemon bisa Bunda manfaatkan untuk meringankan batuk yang timbul karena bronkitis. Meski tidak benar-benar menyembuhkan, paling tidak madu dan lemon dapat menenangkan tenggorokan sehingga bisa meredakan gejala bronkitis.
Obat Alami Redakan Bronkitis Seperti Dialami Ariana GrandeMadu dan lemon bisa meredakan gejala bronkitis/ Foto: Istock
Simak caranya nih, Bun. Madu dan jus lemon dapat dicampur dengan bagian yang sama, kemudian ambil sesendok untuk meredakan batuk. Bisa juga dengan menambahkan beberapa sendok teh madu dan jus lemon ke dalam air panas atau teh panas.

Dengan menghirup madu dan lemon sangat membantu karena suhu cairan yang hangat, serta bisa mencegah dehidrasi. Cara ini bisa diterapkan pada anak-anak juga, Bun. Tapi ingat, terapi ini tidak untuk bayi di bawah satu tahun ya. Pemberian madu harus dihindari pada bayi karena bisa menyebabkan botulisme, yakni keracunan yang disebabkan racun dari bakteri.

Ingat juga ya, Bunda, madu dan lemon hanya sebatas meredakan. Kalau gejala bronkitis yang dialami kian memburuk, segeralah periksa ke dokter untuk mendapatkan metode pengobatan yang tepat. Untuk membantu, minumlah setidaknya delapan gelas per hari, termasuk air panas atau campuran teh.

Semoga lekas sehat!

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi