sign up SIGN UP search


parenting

Zaskia Adya Mecca Panik, Anak Sambung Sesak Napas hingga Jalani Tes Swab

Annisa Karnesyia Selasa, 13 Oct 2020 15:43 WIB
Zaskia Adya Mecca caption
Jakarta -

Anak sambung Zaskia Adya Mecca, Barmastya Bhumi Brawijaya, sempat menjalani perawatan di rumah sakit. Remaja yang akrab disapa Bhumi ini mendadak mengalami sesak napas, Bunda.

Dalam akun Instagram miliknya, Zaskia menjelaskan kronologi kejadian. Menurutnya, Bhumi juga sempat menjalani tes swab meski tidak dicurigai terkena COVID-19.

"Minggu lalu @barmastyabhumi sempet sakit mendadak sesak2 terus, napas berat (swab negatif *emang ga curiga ke corona si krn dia dirumah aja*)," tulis Zaskia, dikutip Senin (12/10/2020).


Saat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, Bhumi ternyata didiagnosis bronkitis. Kondisi ini juga pernah dialami ayah Bhumi, Hanung Bramantyo.

Zaskia mengaku panik saat Bhumi kesulitan bernapas. Hal ini justru berbanding terbalik dengan suaminya.

"Pas di periksa lbh lanjut taunya ada bronchitis persis abinya pdhl sebelum itu ga pernah napas berat ga hilang2...," ujar Zaskia.

"Dasar bianya panikan, tiap dia susah nafas aku heboh kebingungan, mendadak ikutan sesek nafas juga dan sibuk hub ibu din buat "gimana ini gimana ini" ditambah senewen liat bapakny seloow..," sambungnya.

Zaskia Adya MeccaBhumi dan Zaskia Adya Mecca/ Foto: Instagram @zaskiadyamecca

Bhumi akhirnya menjalani perawatan selama tiga hari di rumah sakit. Saat ini, keadaannya pun sudah membaik.

Seseorang yang terkena bronkitis umumnya akan mengalami kesulitan bernapas. Menurut perawat bersertifikat Deborah Leader RN, PHN, bronkitis adalah peradangan dan iritasi pada saluran bronkial, yaitu saluran udara di paru-paru.

"Jika seseorang mengidap bronkitis, lendir yang kental dapat terbentuk di saluran udara dan kemungkinan membuatnya sulit bernapas," kata Leader, dilansir Very Well Health.

Ada dua jenis bronkitis, yaitu akut dan kronis. Bronkitis akut disebabkan oleh infeksi virus pernapasan dan dapat menular. Namun, biasanya sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu. Sementara, bronkitis kronis adalah penyakit paru-paru, bukan infeksi, dan tidak menular.

Bronkitis akut dan kronis memiliki pemicu yang berbeda. Namun, keduanya bisa disebabkan reaksi inflamasi pada bronkus disertai lendir yang berlebih. Peradangan menyebabkan penyumbatan di bronkus, sehingga menimbulkan batuk, sesak napas, dan timbul suara mengi.

Simak juga penjelasan ahli soal gejala sesak napas pada anak, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi