kesehatan

Bunda, Jangan Sembarangan Pilih Air Putih untuk Anak Ya

Annisa Karnesyia Jumat, 22 Feb 2019 - 13.30 WIB
Bunda, Jangan Sembarangan Pilih Air Putih untuk Anak Ya/ Foto: istock Bunda, Jangan Sembarangan Pilih Air Putih untuk Anak Ya/ Foto: istock
Jakarta - Sebagai orang tua, Bunda pasti tidak mau anak sakit ya. Kalau anak sakit, dikhawatirkan tumbuh kembang mereka terganggu.

dr.Boy Abidin, Sp.OG, dokter spesialis obstetri dan ginekologi mengatakan, salah satu yang penting dan berpengaruh terhadap kesehatan anak adalah kebutuhan cairan dan makanan yang dikonsumsi.

"Kebutuhan cairan bisa terpenuhi dengan banyak minum air putih. Dari segi kesehatan, anak rentan terserang diare kalau sudah salah makan. Itulah mengapa cairan dibutuhkan," ujar Boy, dalam acara 'Cuckoo Big Launching' di Cohive D.Lab, Menteng, Jakarta, baru-baru ini.


Meskipun minum air putih itu penting bagi anak, Bunda harus lebih teliti lagi soal pemberian dan jenis air putih yang baik. Kata Boy, minuman memang banyak rasanya, tapi yang paling dasar dan penting adalah minum air putih.

Kalau kualitas air yang kita minum buruk, ada beberapa penyakit yang bisa ditularkan oleh air atau biasa disebut waterborne disease, salah satunya diare.

Mungkin Bunda sering yakin dengan warna air bersih yang dikonsumsi, tapi belum tentu air itu layak diminum lho, Bun. Bisa saja air itu sudah tercemar dengan kontaminan yang kita tidak tahu.


Menurut Boy, kualitas air harus disesuaikan dengan syarat dari Kementerian Kesehatan tahun 2010. Secara fisik tidak berbau, bewarna, dan berasa. Air juga tidak boleh mengandung bahan kimia, tercemar radioaktif dan idealnya memiliki pH 6,5 sampai 8,5.

"Bila anak sampai minum air putih yang tidak sesuai, dampaknya bisa langsung sakit seperti diare. Tapi dalam waktu jangka panjang bisa mengganggu tumbuh kembang, menjadi sakit kanker dan menyebabkan kematian," kata Boy.

Sebaiknya Bunda selalu siapkan air putih di dekat anak. Tidak masalah jika hanya sedikit minumnya, yang paling penting intensitasnya sering. Boy juga menambahkan sebaiknya Bunda jangan berikan anak minum saat dia mulai haus saja.

"Jangan tunggu haus dulu baru minum, karena kalau saat haus tubuh terlambat dapat cairan. Ini akan berpengaruh pada metabolisme tubuh dan bisa menyebabkan infeksi saluran kemih," tutur Boy.

Nah, alasan memilih minum air putih pastinya dari segi kesehatan yang merupakan investasi paling penting dan tidak ternilai. Yuk, mulai sekarang biasakan anak rutin minum air putih.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi