sign up SIGN UP search


menyusui

Saat Hamil dan Menyusui, Tantangan Ini Dihadapi Ibu Generasi Millenial

Asri Ediyati   |   Haibunda Rabu, 30 Aug 2017 18:10 WIB
Jadi ibu generasi millenial emang banyak tantangannya ya, Bun. Termasuk saat hamil dan menyusui. caption
Jakarta - Zaman dulu dengan zaman sekarang bisa dibilang berbeda 180 derajat ya Bun. Gimana nggak, beberapa tradisi nenek moyang mulai ditinggalkan, misalnya karena ternyata mitos belaka. Namun, nggak sedikit dari kita para ibu generasi millenial masih saja termakan mitos-mitos seputar kehamilan dan menyusui.

Seperti kata psikolog keluarga, Irma Gustiani MPsi, generasi millenial 'disediakan' teknologi yang sangat maju. Alhasil, semua informasi sudah tersedia di smartphone.

"Tapi perlu diingat, sebagai seorang ibu, kita harus menyaring dan mencari fakta dari informasi yang ada di internet. Terkadang saking 'overload'nya informasi akhirnya kita termakan dengan mitos-mitos," ujar Irma dalam Media Gathering Happy Breastfeeding bersama Lactamil di Plataran Menteng, Jakarta, Rabu (30/8/2017)


Baca juga: Ibu Hamil Malas Mandi, Pertanda Bayinya Laki-laki?

Dalam kesempatan sama, dr Juwalita Surapsari MGz SpGK menambahkan, mitos-mitos seputar makanan juga banyak banget beredar di internet. Kalau nggak pandai memilah dan memilih informasi, lebih tepatnya asal 'comot' tanpa konsultasi tentu bisa menyesatkan. Akibatnya kalau para ibu hamil nggak menyaring informasi, dia bisa salah makan atau kurang nutrisi yang sedang hamil atau menyusui.

Irma bilang, selain harus menyaring informasi seputar kehamilan dan menyusui di internet, ibu generasi millenial ditantang untuk memenuhi kewajiban sebagai ibu apabila anaknya masih menyusu walaupun sang ibu tengah bekerja. Kalau kata Irma, kita harus mempertimbangkan segala risiko dan mengatur waktu supaya anak kita yang masih menyusu, bisa terpenuhi nutrisinya. Terutama di masa-masa ASI eksklusif sampai anak umur 6 bulan.

Baca juga: Foto: Beginilah Realita yang Dialami Ibu Hamil

"Mengikuti kelas parenting sangat membantu kita untuk mempersiapkan dan membantu kita mendapatkan solusi dari masalah yang kita alami. Jangan lupa ngajak suami, Bun. Karena bagaimana pun juga peran dan dukungan suami sangat menentukan keberhasilan ibu dalam persalinan, menyusui dan mendidik anak," kata Nadia Mulya dalam kesemoatan sama.

Generasi millenial juga identik dengan gadget yang canggih, bener nggak Bun? Rasanya kalau nggak pegang handphone ada yang kurang. Emang kedengaran agak lebay sih. Tapi... nggak sedikit lho, para ibu yang suka main gadget waktu menyusui anak, menunggu anak main bahkan melihat anak tidur pun suka difoto.

"Untuk calon ibu generasi millenial, sangat dianjurkan untuk nggak main handphone saat menyusui. Kalau main handphone sambil menyusui akan banyak kemungkinan yang terjadi. Pertama, posisi menyusui yang salah kemudian nggak ada kontak mata antara anak nggak tercipta bonding yang sempurna. dan anak," kata dr Febriansyah Darus, Sp.OG(K). (rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!