menyusui

Kapan Waktu Terbaik Anak Minum Susu?

Yuni Ayu Amida Rabu, 06 Feb 2019 07:02 WIB
Kapan Waktu Terbaik Anak Minum Susu?
Jakarta - Bunda, untuk minum susu, ternyata ada waktu terbaiknya lho, Bun. Fungsinya agar kalsium yang diserap dapat maksimal. Nah, kapan sih waktu yang tepat?

Dikutip dari detikcom, menurut pakar gizi Leona Victoria Djajadi, MND, waktu terbaik untuk minum susu adalah malam hari sebelum tidur. Karena saat tidur, tubuh kita melepaskan growth hormone, sehingga kalsium yang masuk dapat digunakan maksimal untuk pertumbuhan.


Sebaliknya, Victoria menerangkan bahwa tidak ada waktu yang tidak tepat untuk mengonsumsi susu. Susu hampir bisa dikonsumsi kapan saja.

"Mungkin saat yang paling tidak tepat untuk minum (apapun) adalah saat tidur pulas karena bisa menyebabkan dry drowning," tutur Victoria.

Di sisi lain, nutrisionis makrobiotik dan praktisi kesehatan, Shilpa Arora ND, kurang menganjurkan susu untuk dikonsumsi ketika pagi hari. Pasalnya, saat pagi hari, makanan yang harus dikonsumsi sebaiknya yang mudah untuk dicerna.

"Jika perut kita kosong, kita harus selalu memulai dengan sesuatu yang ringan serta memiliki efek pembersihan pada sistem kita. Chaach (minuman fermentasi khas India) atau makanan fermentasi lainnya jauh lebih mudah dicerna," jelas Shilpa, seperti dilansir detikcom.

Khusus untuk anak-anak, seperti disampaikan pakar gizi medis dari Universitas Indonesia, Dr dr Saptawati Bardosono, MSc. atau yang kerap disapa dr Tati, hindari memberikan susu mendekati waktu makan. Sebab, susu memiliki sifat mengenyangkan, sehingga bisa membuat anak tidak mau makan.



Dr Tati juga menjelaskan bahwa susu tidak harus dikonsumsi dengan cara diminum saja, namun bisa juga dicampur dalam makanan anak. Misalnya dicampurkan dalam sup atau puding.

"Pemberian susu bisa diberikan 2 - 3 kali dalam sehari, tapi itu tadi, jangan dekat-dekat jam makan anak. Salah satu waktu pemberian susu, bisa saat mau tidur," pesan dr Tati. (yun)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi