menyusui

Tips Puasa agar Tak Menurunkan Produksi ASI

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 10 May 2019 05:01 WIB
Tips Puasa agar Tak Menurunkan Produksi ASI
Jakarta - Menyusui tak menghalangi niat para Bunda untuk menjalankan puasa Ramadhan. Bunda juga termasuk di antaranya?

Ibu menyusui yang ingin berpuasa Ramadhan harus lebih peduli terhadap makanan berbuka dan sahur. Pastikan asupan yang Bunda makan tidak mengganggu produksi ASI ya, Bun.


Konselor laktasi bersertifikat, Rachael Sablotsky Kish yang juga founder Imalac mengatakan, puasa saat menyusui masih dimungkinkan, tetapi ia tidak merekomendasikannya.


"Kesehatan menyeluruh bagi ibu menyusui sangatlah penting karena menyusui menuntut fisik dan emosional,"katanya seperti dikutip dari laman Popsugar.

Tips Puasa agar Tak Menurunkan Produksi ASIPuasa ibu menyusui/ Foto: istock

Saat berpuasa, berbagai kemungkinan bisa saja timbul termasuk diantaranya risiko dehidrasi dimana hal ini dapat mengurangi suplai ASI Bunda, jelas Kelly Schellman, RNC, IBCLC, konselor laktasi dari University of Missouri Health Care.

Untuk itu, Schellman merekomendasikan agar para ibu menyusui tetap menjaga pola hidup sehat agar suplai ASI tetap terpenuhi dan berkualitas.

"Kami merekomendasikan ibu menyusui makan makanan sehat, rendah lemak, buah-buahan dan sayuran serta makanan berprotein selama menyusui,"kata Schellman.

Beberapa makanan yang mudah didapat selama puasa untuk menjaga produksi ASI di antaranya ada kurma, bubur kacang hijau, ubi rebus, oatmeal dan berbagai macam kacang-kacangan.

Melansir Breastfeeding Support, Hamad Medical Corporation merekomendasikan para ibu menyusui yang memutuskan berpuasa agar mendiskusikannya dengan dokter terlebih dulu, guna menghindari komplikasi.


Para ibu menyusui juga disarankan untuk tetap tenang, cukup istirahat dan terhidrasi serta memperhatikan bayinya apakah mengalami tanda-tanda tidak mendapatkan cukup ASI. Selain itu, disarankan untuk minum banyak agar tetap terhidrasi dan cobalah untuk beristirahat di siang hari.

Nah, tetap semangat ya, Bun! (rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi