menyusui

Manfaat Menyusui Bantu Sembuhkan Bayi Saat Flu

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 31 Jul 2019 16:16 WIB
Manfaat Menyusui Bantu Sembuhkan Bayi Saat Flu
Jakarta - Nah, bagi Bunda yang masih menyusui sepertinya dapat sedikit berlega hati karena melalui ASI, proteksi terhadap tubuh buah hati dapat terpenuhi.

Ya, ASI diketahui memang memiliki banyak manfaat untuk menyusui, Bun. Termasuk salah satunya melindungi tubuh dari berbagai masalah kesehatan.

"Salah satu penemuan paling menakjubkan ialah pemberian ASI skin to skin dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada bayi. Ketika Bunda dan si kecil sedang sakit, tubuh Bunda akan membaca apa yang dibutuhkan bayi dan kemudian membuat serta mengirimkan antibodi melalui ASI yang lebih besar terutama saat musim flu,"ujar Maggi Leyburn, RN, BSN, IBCLC, konsultan laktasi di Vancouver, dikutip dari laman Peacehealth.


Melansir Very Well Family, menyusui memang sangat membantu, Bun, untuk melindungi bayi Bunda dari sakit. Tetapi memang tidak dapat sepenuhnya mencegah penyakit. Misalnya saja, pada kondisi tertentu, anak akan mengalami infeksi telinga, masuk angin, atau perutnya sakit.

Manfaat Menyusui Bantu Sembuhkan Bayi Saat FluMenyusui bantu sembuhkan flu/ Foto: iStock

Ketika ini terjadi, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah terus menyusui untuk membantu anak-anak ketika sedang sakit. Perlu Bunda tahu, ASI mengandung antibodi yang dapat mempersingkat perkembangan penyakit dan memungkinkan bayi pulih lebih cepat. Selain itu, ASI juga memberikan nutrisi dan cairan essensial yang dibutuhkan anak agar tetap terhidrasi.

Untuk itu, Bun, tetaplah menyusui saat si kecil pilek dan hidungnya tersumbat. Meski ia tampak kesulitan dengan kondisi hidungnya yang tersumbat karena bayi bernafas melalui hidungnya, Bunda dapat membuat waktu menyusui dengan posisi yang lebih nyaman bagi mereka ya, Bun. Salah satunya dengan menyusui si kecil dalam posisi tegak. Tetapi, jika si kecil terus mengalami kesulitan menyusui, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik ya, Bun.

Selamat mencoba.

Bun, ada resep rahasia dari Nadia mulya nih agar sukses menyusui eksklusif.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi