sign up SIGN UP search


menyusui

Mulai Persiapan Menyusui sejak Hamil, Lebay Enggak Sih?

Siti Masitoh   |   Haibunda Selasa, 25 Oct 2022 13:53 WIB
Pregnant woman holding tiny shoes near belly. Smiling expectant woman preparing for baby birth, joying maternity, copy space caption
Jakarta -

Masa menyusui memang baru akan dijalani setelah proses persalinan. Namun, memang sebaiknya ibu hamil sudah mempersiapkan diri untuk menyusui sejak hamil. Hal itu bertujuan agar Bunda tak mengalami kerepotan setelah melahirkan dan mengurangi risiko beragam gangguan menyusui semisal puting lecet.

Persiapan menyusui bisa Bunda lakukan saat kehamilan memasuki trimester 3. Yang pertama-tama perlu dilakukan yakni mulai mencari tahu informasi soal menyusui. Bunda bisa juga bergabung dengan kelompok ibu menyusui bisa secara offline maupun online.

Lalu, persiapan apa saja yang bisa Bunda lakukan di bulan terakhir kehamilan untuk mempersiapkan menyusui? 


Persiapan menyusui saat hamil

Apabila Bunda telah mendekati akhir kehamilan dan berencana untuk menyusui Si Kecil, ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan terlebih dahulu agar memudahkan prosesnya nanti. Melansir laman Babycenter, terdapat beberapa persiapan yang bisa Bunda lakukan.

1. Lakukan penelitian

Persiapan pertama, luangkan waktu Bunda untuk mempelajari semua hal tentang menyusui, bisa mulai dari yang paling dasar. Mencari tahu manfaat menyusui mungkin akan membantu dalam persiapan di beberapa hari pertama kehidupan Si Kecil.

2. Temukan grup pendukung

Grup pendukung ini sangat berguna dalam fase menyusui. Beberapa rumah sakit biasanya memiliki kelompok pendukung ibu menyusui yang dimaksudkan untuk memberikan komunitas ibu baru saat mulai mempelajari suka dan duka menyusui.

3. Pilih konselor laktasi

"Untuk calon Bunda, sebenarnya sebelum bayi lahir, Bunda bisa bertemu langsung konselor laktasi dan ikut kelas persiapan menyusui. Sehingganantinya, meskipun hanya melalui teori, Bida bisa tahu cara mengatasi suatu masalah saat menyusui," ujar dokter sekaligus konselor laktasi Dr. Sarah Audia Hasna, IBCLC dalam kesempatan live di Instagram Haibunda beberapa waktu lalu.

Konselor laktasi akan membantu selama beberapa minggu pertama kehidupan Si Kecil, seperti memantau berat badannya, memecahkan masalah pelekatan, dan mengatasi tantangan yang mungkin muncul saat Bunda dan Si Kecil belajar menyusui.

4. Miliki pompa payudara

Melansir laman Acog, sebagian besar perusahaan asuransi kesehatan menanggung biaya pompa payudara dan memerlukan resep dari ob-gyn Bunda yang mungkin hanya mencakup model pompa tertentu.

Klik halaman berikut untuk tahu lebih lanjut tentang persiapan menyusui.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang alasan pentingnya belajar menyusui sejak kehamilan.

[Gambas:Video Haibunda]



PERSIAPAN MENYUSUI SAAT MASIH HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!