sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Mengatasi Ketakutan saat Merasa ASI Tak Cukup untuk Bayi

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Sabtu, 30 Jul 2022 11:45 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Ketakutan saat merasa ASI tak cukup bisa dialami Bunda setelah melahirkan. Bila ini terjadi, Bunda sebaiknya segera mencari solusi ya.

Munculnya rasa takut akan ASI tak cukup seharusnya dapat dicegah sebelum bayi lahir. Konselor Laktasi dari Brawijaya Clinic Kemang dan Kosambi Maternity and Children, dr. Sarah Audia Hasna menyarankan pasangan suami istri mendapatkan informasi yang cukup tentang menyusui sejak masa kehamilan.

"Disarankan dari awal kehamilan dulu, terutama trimester ketiga oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), Ayah dan Bunda itu direkomendasikan belajar bagaimana ASI dan proses menyusui," kata Sarah kepada HaiBunda, belum lama ini.


Pasangan suami istri dapat berkonsultasi dengan konselor laktasi atau dokter terkait ilmu seputar menyusui. Bila perlu, Ayah dan Bunda bisa mengikuti kelas prenatal nih.

Nah, kalau Bunda memutuskan untuk ke dokter laktasi, biasanya kondisi payudara akan diperiksa. Dokter akan mencarikan solusi bila Bunda merasa kesulitan saat menyusui nantinya.

"Jadi, belajar kesiapannya dengan kontak atau ketemu langsung konselor laktasi atau dokter, atau ikut kelas-kelas. Kalau ke dokter laktasi, diperiksa langsung kondisi payudaranya," ujar Sarah.

Selain konsultasi selama masa kehamilan, Ayah dan Bunda juga bisa berdiskusi dengan dokter setelah melahirkan. Jangan ragu untuk meminta bantuan bila merasa takut ASI tak cukup untuk bayi.

Kunci sukses menyusui adalah berpikir positif. Jangan sampai ketakutan Bunda justru menjadi penyebab ASI tak keluar nih.

"Kalau bayi sudah lahir, ada problem seperti ibu insecure, sebaiknya diskusikan dengan suami dan minta bantuan ke ahlinya, bisa bertemu dokter laktasi langsung. Sebisa mungkin positive thinking sih, fokus dengan diri sendiri dan tidak melihat orang lain," ungkap Sarah.

Lalu bagaimana mengubah pola pikir agar selalu positif selama menyusui ya, Bunda. Simak penjelasan dari dokter Sarah di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 5 ASI booster alami untuk Bunda menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

KONSULTASI KE PAKAR BILA KHAWATIR TERKAIT PROSES MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!