sign up SIGN UP search


menyusui

Persiapan Menyusui yang Penting Dilakukan Sejak Hamil, Bunda Perlu Tahu

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 13 Sep 2021 14:01 WIB
Ibu hamil caption

Jakarta - Biarpun belum melahirkan, persiapan menyusui sejak hamil penting banget dilakukan lho, Bunda. Bahkan, persiapan inilah yang akan membuat proses menyusui sukses dilakukan nantinya.

Nah, bagi Bunda yang sedang hamil, tidak ada salahnya mempersiapkan sejak dini ya, Bunda. Sebab, sesi  menyusui kenyataannya memang tidaklah mudah dijalani. 

Apalagi, kalau tidak memiliki persiapan yang matang. Bisa-bisa, perjalanan menyusui malah tersendat di tengah jalan. Tentu Bunda tidak mau bukan jadi gagal menyusui di tengah  jalan?


Agar Bunda tetap dapat menyusui dengan lancar selama masa menyusui, persiapan menyusui sejak hamil perlu jadi prioritas ya, Bunda. Seperti dikatakan dr Florentina M Rahardja, M.Gizi, Sp.GK dari Mayapada Hospital bahwa salah satu hal penting yang perlu diperhatikan sebagai persiapan menyusui sejak hamil yakni kenaikan dari berat badan itu sendiri.

"Sebagai persiapan menyusui, salah satu yang penting yakni kenaikan dari berat badan di mana salah satunya jaringan payudara kan juga akan meningkat selama hamil, cadangan lemak juga akan meningkat. Dan itu akan menjadi cadangan untuk menyusui," ungkap Florentina pada HaiBunda beberapa waktu lalu. 

Pretty young pregnant woman standing by the window in home.Persiapan menyusui sejak kehamilan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Mykola Sosiukin

Ditambahkan Florentina, dengan cadangan menyusui yang sudah ada dari peningkatan lemak artinya bahan dasar menyusui sudah ada terlebih dahulu sebelum bayi lahir dan menyusu. Jadi, cadangan dalam tubuh ibunya selama hamil yang meningkat itu akan dipakai sebagai bahan dasar untuk membuat ASI, Bunda. 

Selama proses menyambut kelahiran Si Kecil dan persiapan menyusui, yang terpenting adalah menghindari stres ya, Bunda. Karena, hal ini dapat mengganggu aktivitas dan kelancaran menyusui. 

"Yang paling penting juga nih, Bunda, jangan sampai Bunda juga menjadi stres karena produksi air susu akan berkurang. Selain itu, Bunda juga harus banyak minum air. Kenapa? Ya namanya juga air susu tentu bahan dasar utamanya air.

Sehingga kebutuhan air perlu dipenuhi. Lalu, Bunda tinggal menambahkan nantinya makanan bernutrisi supaya kualitas ASI bagus dan tidak sekadar memberikan ASI tetapi ASI yang diberikan berkualitas,"tambahnya.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk melengkapi informasi lebih jauh!

Bunda juga bisa mempelajari makanan yang harus dihindari saat menyusui seperti penjelasan dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PERSIAPAN MENYUSUI SEJAK MASIH HAMIL, PENTING NGGAK SIH?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!