menyusui

2 Cara Melepaskan Gigitan Bayi Saat Menyusu Tanpa Memarahinya

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 14 Jun 2019 15:02 WIB
2 Cara Melepaskan Gigitan Bayi Saat Menyusu Tanpa Memarahinya
Jakarta - Saat bayi tumbuh gigi, biasanya drama menyusui pun akan makin bertambah. Si kecil jadi suka menggigit puting yang rasanya tentu sakit banget ya, Bun.

Saking sakitnya menahan perih, refleks omelan meluncur dari mulut Bunda. Padahal, gigitan tersebut bukan bentuk keisengan atau kesengajaan mereka pada Bunda.

Menurut Dr Sonali Santhanam, konsultan laktasi di Motherhood Hospital, kalau bayi menggigit selama menyusui ternyata bukan untuk menyakiti ibunya secara sengaja.


"Terkadang, bayi menggigit jika ada penurunan pasokan ASI dan mereka merasa dengan menggigit akan membuatnya lebih baik. Kebalikannya, terkadang ada juga beberapa bayi menggigit ketika terlalu banyak aliran ASI. Jika ini terjadi, pastikan untuk segera mengubah posisi menyusui sehingga bayi mendapatkan aliran susu yang stabil," katanya seperti dikutip dari Parent Circle.

Selain faktor di atas, perilaku bayi menggigit selama menyusui juga bisa disebabkan beberapa penyebab lainnya, Bun. Misalnya saja bayi sedang tumbuh gigi, sedang pilek atau demam, merasa terganggu karena banyak suara atau cahaya, tidak merasa lapar, mengantuk, dan alasan lainnya.

Nah sebelum memarahi si kecil, lebih baik pahami penyebabnya ya, Bun. Sehingga bisa segera ditangani sebelum puting ditarik dan digigit lebih parah.

Dr William Sears, seorang dokter anak di Amerika, mengatakan meskipun mengganggu, bayi yang menggigit ketika menyusui juga dapat disebabkan alasan yang mungkin tidak pernah Bunda bayangkan yakni sebagai tanda kasih sayang, seperti dikutip dari Parenting.

2 Cara Melepaskan Gigitan Bayi Saat Menyusu Tanpa MemarahinyaMengatasi bayi mengigit saat menyusu/ Foto: iStock

Untuk itu, Bunda pun perlu menghadapi buah hati dengan penuh kasih sayang. Salah satunya dengan mengendalikan reaksi Bunda ketika bayi menggigit saat menyusui. Mungkin Bunda akan refleks mengatakan 'Aduh' atau kata lainnya, tetapi jangan sampai hal tersebut mengejutkan bayi dan menyebabkan mereka mogok menyusui. Jadi, lakukan apa yang dapat Bunda lakukan untuk meredakan jeritan Bunda.

Dorong bayi lebih dekat ke arah Bunda, sehingga tidak membuat hidungnya tersumbat. Kalau dia merasa lebih nyaman, otomatis akan melepaskan gigitannya karena sudah bisa bernapas kembali.

Tips lainnya, berikan si kecil benda lain yang bisa digigit untuk pengalihan. Begitu ia menggigit, segera masukkan jari Bunda di antara gigi dan puting. Hal ini akan dengan cepat melindungi puting Bunda.

Serta, pelajari waktu-waktu dimana bayi suka menggigit. Biasanya, bayi menggigit menjelang akhir waktu menyusui. Pada titik ini ketika bayi sudah mendapatkan ASI yang cukup dan hanya ingin bermain-main dengan menggigit puting Bunda. Antisipasinya, lepaskan mulut bayi dari payudara Bunda sesegera mungkin setelah ia mulai memperlambat intensitas menghisapnya.

Semoga membantu, Bun.

Cari tahu juga yuk, cara mengatasi puting yang lecet saat menyusui!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi