menyusui

Cara Ampuh Mengatasi Saluran ASI Tersumbat

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 10 Jun 2019 15:59 WIB
Cara Ampuh Mengatasi Saluran ASI Tersumbat
Jakarta - Bunda, pernah merasakan ASI tiba-tiba tersumbat? Rasanya sakit banget ya, Bun, karena tiba-tiba payudara jadi bengkak, terasa panas dan kemerahan.

Bahkan, kompres air hangat pun enggak berhasil meredakan sakitnya. Begitu pula dengan ASI yang mampet dan enggak mau mengalir. Kondisi tersebut harus segera diatasi ya, Bun, karena bisa menjadi pertanda kalau saluran ASI tersumbat, seperti dikutip dari laman Baby Center.


Biasanya, keadaan tersebut muncul karena Bunda kurang teratur mengosongkan payudara selama menyusui. Akibatnya, saluran susu pun jadi enggak lancar.


Rowena Bennett, seorang konsultan laktasi mengatakan, selama menyusui ASI dikeluarkan dari kelenjar penghasil susu dan mengalir melalui jaringan saluran susu dan keluar melalui puting.

"Ketika salah satu saluran ini tersumbat, ASI pun menumpuk dan membentuk benjolan serta membuat area payudara terasa sakit," ujarnya seperti dikutip dari laman Kid Spot.

Penyumbatan saluran susu bisa disebabkan beberapa hal. Di antaranya cara mengisap bayi yang salah ketika menyusui, bra yang terlalu ketat atau tidak pas, bayi tidur tengkurap hingga, Bunda memegang payudara terlalu erat saat menyusui. Perubahan pola makan yang tiba-tiba karena bayi tidur sepanjang malam pun bisa menjadi salah satu penyebabnya lho, Bun.

Meskipun bukan masalah serius, tetapi jika tidak segera ditangani akan menyebabkan mastitis (radang payudara) jadi lebih serius, Bun. Untuk itu, Bunda sebaiknya melakukan upaya-upaya yang bisa meredakan gejala tersebut.

Cara Ampuh Mengatasi Saluran ASI TersumbatASI tersumbat/ Foto: iStock
Sebelum menyusui, sebaiknya Bunda melepaskan bra untuk memastikan bahwa aliran ASI tidak terbatasi. Kemudian, hangatkan payudara dengan mandi air hangat, atau meletakkan kompres hangat di area yang terasa nyeri dan bengkak. Setelah itu, pijat payudara dari dada ke arah puting saat masih hangat.

Lalu, selama menyusui berilah ASI sesering mungkin pada buah hati. Jika memungkinkan, posisikan bayi Bunda sehingga dagunya mengarah ke daerah yang sakit. Periksalah apakah sudah mendapatkan posisi yang benar atau belum. Kemudian akhiri dengan pijatan lembut menggunakan pola gerakan memutar mulai dari bawah payudara dan bergerak ke arah puting.

Selamat mencoba ya, Bun!

Simak juga, tips menyendawakan bayi setelah menyusui dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi