menyusui

Pengalaman Marsha Natika Menyusui Dua Anaknya Tanpa Begadang

Asri Ediyati Kamis, 08 Aug 2019 10:31 WIB
Pengalaman Marsha Natika Menyusui Dua Anaknya Tanpa Begadang
Jakarta - Pengalaman menyusui setiap ibu meninggalkan memori tersendiri. Ada yang bersusah payah untuk bangun dini hari, ada pula yang santai karena tak mengalami begadang. Seperti adik Zaskia Adya Mecca, Marsha Natika, Bun.

Dalam video jawab pertanyaan dari netizen bersama Anissa Aziza, Marsha menceritakan pengalamannya saat menyusui. Marsha mengaku tak pernah begadang saat menyusui anaknya. Hal tersebut sukses membuat istri Raditya Dika itu terkejut.

"Kalau aku alhamdulillah enggak pernah mengalami begadang ya. Serius, benar, enggak tahu kenapa anak aku tuh keduanya, si Kato dan si Yoda, kalau nyusu tuh enggak sampai benar-benar melek (setelah menyusu tidur)," ujar Marsha.


Marsha menjelaskan, saat kedua anaknya ingin menyusu, Marsha hanya memindahkan saja posisi anaknya. Marsha juga memastikan posisi yang nyaman saat menyusui.

"Jadi aku pindahin gitu, aku bangun nih, karena satu kasur juga jadi dipindahin cuma dalam keadaan tidur. Cuma aku pastiin aku saja yang (ganti posisi) hadap kanan, kiri. Itu juga belajar dari mama aku sih karena punya tujuh anak," tutur Marsha.

Awalnya Marsha juga berpikir harus bangun dan begadang untuk menyusui. Namun, setelah diberikan tips oleh ibunda, ia segera mempraktikannya.

"Awalnya,'Wah harus bangun nih segala macam', tapi ternyata kata Mamaku, 'Ih kapan kamu tidurnya kalau kayak gitu?'" kata Marsha.
Marsha Natika dan anaknya, Kato/ Marsha Natika dan anaknya, Kato/ / Foto: Dok. Instagram @nickeariestianti
Meski enggak semua ibu menyusui itu bisa istirahat dengan nyaman seperti Marsha Natika, Bunda bisa mencoba beberapa tips menyusui anak di malam hari. Dilansir Today's Parents, Bunda perlu tahu posisi menyusui yang paling nyaman.

Berbaringlah miring, dengan satu atau dua bantal untuk menopang kepala. Bantal di antara kedua lutut dapat membantu Anda merasa nyaman. Posisikan bayi, berbaring miring, sehingga hidungnya sejajar dengan puting susu.

Lalu, jangan lupa untuk sembunyikan jam supaya Bunda enggak ingat waktu. Terkadang kalau kita lupa waktu malah enggak bikin merasa lelah ya, Bun. Kemudian, saat bayi bangun untuk menyusui, jaga agar kamarnya gelap dan senyap mungkin. Hal ini untuk mendorongnya kembali tidur setelah menyusu.

Terakhir, jangan lupa kenakan pakaian tidur yang mudah dibuka di bagian depan. Ini akan memberi bayi akses lebih mudah. Jika Bunda suka memakai bra menyusui di malam hari, tetap hati-hati karena dapat meningkatkan risiko mastitis.

Simak lima posisi alternatif menyusui melalui video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi