sign up SIGN UP search


menyusui

3 Posisi Menyusui agar Bayi Tenang, Pilih yang Paling Nyaman Yuk Bun

Meita Fajriana Minggu, 12 Sep 2021 12:00 WIB
Close up portrait of beautiful young mother asian carrying little baby girl in home and sunlight in the morning. Healthcare, love, relationship concept caption

Jakarta - Ada banyak posisi menyusui bayi yang bisa Bunda pilih sesuai dengan kenyamanan selama mengASIhi Si Kecil. Informasi ini penting untuk diketahui ibu baru yang masih mencari-cari posisi menyusui secara tepat dan nyaman untuk Bunda begitu juga Si Kecil.

Saat Bunda sudah menemukan posisi yang tepat, anak pun akan lebih tenang saat disusui. Setelah mencoba beberapa posisi, Bunda akan menjadi lebih percaya diri dan dapat bereksperimen dengan posisi lain. Tanpa disadari, Bunda akan menemukan posisi menyusui paling nyaman dan paling cocok untuk Bunda dan bayi Bunda.

Melansir dari laman Very Well Family, perlu diingat Bunda tidak harus menyusui dalam posisi duduk saja. Bunda bisa menyusui sambil berbaring dan berdiri. Bahkan, jika Bunda menyukai posisi yang belum pernah dilihat atau dengar sebelumnya, tidak apa-apa loh Bunda. 


"Selama Bunda dan bayi merasa nyaman, serta bayi dapat menempel dan menyusui dengan baik, Bunda dapat menyusui dalam posisi apa pun yang Bunda pilih," kata Meredith Shur dokter kandungan di New York, Amerika Serikat dikutip dari laman VeryWellFamily, Kamis (8/9). 

Nah, berikut tiga posisi menyusui yang bisa Bunda pilih dilansir dari laman What to Expect. Yuk simak penjelasannya agar bisa langsung diparaktikkan untuk membuat bayi lebih tenang saat disusui: 

1. Posisi melekat

Untuk menyusui bayi dalam posisi duduk ini, lakukan hal berikut ini: 

  • Posisikan bayi hingga kepalanya bersandar di lekukan siku lengan pada sisi Bunda akan menyusui. Di mana tangan sisi ini menopang seluruh tubuh bayi.
  • Pegang payudara Bunda dengan tangan sisi lainnya, letakkan ibu jari di atas puting susu dan areola, kemudian tempatkan sejajar dengan hidung bayi Bunda, bayi akan menyentuh payudara Bunda.
  • Jari telunjuk Bunda harus berada di bagian payudara yang akan bersentuhan dengan dagu bayi. Tekan sedikit payudara Bunda sehingga puting susu sedikit mengarah ke hidung bayi. Bayi kini siap untuk menempel dan menyusu Bunda. 

Breastfeeding position. Mother feeds baby with breast. Comfortable pose. Flat design illustration of breastfeeding concept. Colorful cartoon character mother feeding baby. Lactation and free breastfeeding template with illustration.Posisi menyusui yang nyaman/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Nataliya Iakubovskaia

2. Menggendong silang

Untuk menyusui bayi dalam posisi menggendong silang, lakukan hal berikut ya Bunda: 

  • Pegang kepala bayi dengan tangan yang berlawanan dengan payudara tempat akan menyusui Si Kecil.
  • Letakkan pergelangan tangan Bunda di antara tulang belikat bayi, ibu jari Bunda tempatkan di belakang satu sisi telinga, sementara jari-jari Bunda yang lain tempatkan di belakang telinga yang lain.
  • Dengan menggunakan tangan Bunda yang bebas, pegang payudara Bunda dan arahkan kepada bayi Bunda. 

Simak posisi menyusui lain di halaman berikutnya yuk!

Bunda, perhatikan beberapa hal berikut saat Bunda ingin menyusui sambil menggendong anak. Klik videonya ya:

[Gambas:Video Haibunda]



POSISI MENYUSUI BAYI GAYA SEPAK BOLA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!