menyusui

Tips Chua 'Kotak' untuk Bunda yang Memberikan ASI Eksklusif

Annisa Karnesyia Rabu, 07 Aug 2019 15:36 WIB
Tips Chua 'Kotak' untuk Bunda yang Memberikan ASI Eksklusif
Jakarta - Meski sibuk, Chua 'Kotak' tetap mengutamakan pemberian ASI eksklusif untuk buah hatinya. Namun, perjuangan wanita 31 tahun ini enggak mudah, Bun.

Chua yang baru dikaruniai anak kedua, Shakilla Sabdasakhi Putri Firmansyah (3 bulan) pernah mengalami kendala. Tapi, dengan kegigihannya, dia berusaha memberikan ASI ekslusif untuk sang putri.

"Anak keduaku berat badannya di bawah rata-rata. Sempat empat kali dokter aku pindah. Tapi aku, 'gue harus menyusui, harus menyusui'," kata Chua, dikutip dari 20detik.


Setelah ke beberapa dokter, Chua akhirnya bertemu dokter yang mendukungnya memberikan ASI eksklusif. Sempat panik, Chua lantas ditenangkan sang dokter.

"Akhirnya ketemu dokter, dia bilang, ibu enggak usah panik," ujar Chua.

Chua Kotak saat melahirkanChua Kotak sesaat setelah melahirkan/ Foto: (dok.Dazzling Photography)

Selain didukung dokter, wanita bernama lengkap Swasti Sabdastantri ini juga didukung sang suami, Bun. Untuk melancarkan ASI-nya, suami sering memberikan pijatan di punggung Chua.

"Aku kasih tips, pijat deh, tulang punggungnya, pijat dan diputar-putar dari punggung atas sampai bawah. Itu istri bahagianya setengah mati, ASI juga langsung lancar," papar basis grup band Kotak itu.

Untuk mulai menyusui si kecil, memang dibutuhkan dukungan, Bun. Selain itu, jangan lupa niat dan semangat ya.

"Harus niat dulu memberikan ASI eksklusif. Jangan sampai putus asa memberikan ASI di enam bulan pertama bayi," kata dr.Reisa Broto Asmoro.

Persiapan menyusui bisa dimulai sebelum melahirkan. Bunda bisa konsultasikan ke dokter agar pemberian ASI bisa lancar.

"Sebaiknya sejak usia 6 sampai 7 bulan kehamilan sudah mulai berkonsultasi ke dokter laktasi," papar Reisa.

Banyak cara bisa Bunda lakukan untuk memperlancar ASI, salah satunya melakukan pijat oksitosin. Simak penjelasan lengkapnya di video berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi