menyusui

Bunda, Simak Cara Menyelamatkan Stok ASI Perah Saat Mati Lampu

Maya Sofia Minggu, 04 Aug 2019 14:31 WIB
Bunda, Simak Cara Menyelamatkan Stok ASI Perah Saat Mati Lampu
Jakarta - Sejumlah wilayah di Pulau Jawa mengalami pemadaman listrik pada hari ini (4/8/2019). Mengutip detikcom, pemadaman yang terjadi akibat Gas Turbin 1 sampai dengan 6 di Pembangkit Listrik Suralaya mengalami gangguan. Sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati (Off).

Selain itu Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan atau trip. Gangguan ini mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek padam.

Bunda yang sudah menyetok ASI Perah (ASIP) di freezer pastinya saat ini khawatir apakah stok tersebut bakal rusak atau tidak ya kandungannya?


Melansir CDC, ASIP yang Bunda stok di freezer kemungkinan masih aman. Namun hal ini tergantung seberapa lama listrik mati dan seberapa cepat mencairnya ASIP.

Pastikan untuk tidak sering membuka freezer selama pemadaman terjadi. Hal ini akan membantu menjaga makanan di dalamnya dalam kondisi baik selama 48 jam.

Setelah listrik kembali menyala, periksa kondisi ASIP Bunda yang tersimpan di kulkas. ASIP beku yang sudah mulai mencair, tetapi masih mengandung kristal es masih bisa dibekukan lagi. Adapun jika ASIP telah sepenuhnya cair, tetapi masih terasa dingin harus segera dikonsumsi.

Seperti dikutip dari detikcom, ASIP beku biasanya disimpan di dalam freezer. Botol yang digunakan untuk menyimpan ASIP sebaiknya dirapatkan dan ditambahi lipatan koran sebagai isolator dingin. Kulkas kemudian ditutup rapat dan jangan dibuka sampai listrik kembali menyala.

Menurut dokter spesialis anak dan konsultan ASI dr Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC, ASIP beku yang mulai mencair masih dibekukan dan disimpan kembali. Namun, ASIP beku yang sudah mencair 100 persen harus segera dikonsumsi dalam 4 jam.

Bunda juga bisa simak jenis makanan yang bisa membantu memperbanyak jumlah ASI dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi