menyusui

Cara Cek Stok ASIP Rusak atau Tidak Setelah Mati Lampu

Asri Ediyati Selasa, 06 Aug 2019 19:30 WIB
Cara Cek Stok ASIP Rusak atau Tidak Setelah Mati Lampu
Jakarta - Peristiwa pemadaman listrik pada hari Minggu (4/8/2019) hingga Senin (5/8/2019) membuat beberapa ibu menyusui merugi. Banyak yang kecewa karena durasi pemadaman begitu panjang, sehingga banyak stok ASI perahnya rusak. Dari peristiwa itu tentu kita perlu ambil pelajaran.

Terkait hal ini dr.Herlina, Sp.A dari RSIA Tambak, Jakarta Pusat, menyarankan begitu mati lampu, segera masukkan es batu atau ice gel ke kulkas. Bila ASIP di freezer jangan sekali-kali buka, Bun. Hal ini berguna untuk mempertahankan suhu.

"ASIP begitu mati lampu kan enggak semuanya ditaruh di bawah, kan ada yang di freezer. Freezer itu kalau enggak dibuka-buka bisa bertahan kurang lebih 10 jam, asal enggak dibuka-buka," katanya di sela-sela acara Bincang Pagi Pekan Menyusui Sedunia di RSIA Tambak, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2019).

Kata Herlina, begitu mati lampu, kita langsung masukkan es batu, atau ice gel pada ASI yang berada di lemari kulkas bawah lalu tutup lagi. Pemberian es batu atau ice gel bisa membuat ASIP bertahan hingga 12 jam, tapi paling tidak 10 jam jam, Bun.
Cara Cek Stok ASIP Rusak atau Tidak Setelah Mati LampuIlustrasi listrik padam/ Foto: Dok. Getty Images

"Kalau mati lampu berlangsung 10 jam ASIP yang beku tadi lalu mencair sedikit harus dipindahin ke kulkas biasa bukan freezer. Meskipun satu persen mencair tetap enggak boleh dibekukan," ujar Herlina.


Bunda juga harus yakin ASIP tadi masih bagus dan belum rusak. Nah, apa sih ciri-ciri ASIP yang rusak? Pertama kita pastikan dahulu, Bun, ASIP tersebut disimpan di tempat apa, misalnya di kulkas bagian bawah, freezer satu pintu atau dua pintu.

"Ciri-ciri ASI perah yang rusak, yang paling nyata itu perubahan warna. Ibu suka bingung, padahal tergantung usia ASI-nya, kan ada ASI prematur, kolostrum, matur. Nah, perubahannya itu biasanya enggak menyatu, ada layer atau lapisan yang berbeda antara ASI yang menyatu. Biasanya ada denaturasi protein, jadi ada protein-protein yang sudah rusak," papar Herlina.

Bagaimana dengan bau? Menurut Herlina, dari segi bau enggak bisa diandalkan. Untuk mengetahui ASIP rusak kita perlu lihat dari perubahan warna dan munculnya layer atau lapisan.

Simak juga cara memompa ASI dengan menggunakan tangan melalui video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi