menyusui

Manfaat Tak Terduga Minyak Kelapa untuk Ibu Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 21 Aug 2019 18:27 WIB
Manfaat Tak Terduga Minyak Kelapa untuk Ibu Menyusui
Jakarta - Bunda tentu sudah enggak asing lagi dengan minyak kelapa kan? Minyak yang satu ini memiliki banyak manfaat, terutama bagi ibu menyusui.

Minyak kelapa juga diketahui bisa memberikan perlindungan pada sistem kekebalan tubuh bayi baru lahir, Bun. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical menunjukkan, ibu menyusui yang mengonsumsi minyak kelapa dan produk kelapa lainnya secara signifikan meningkatkan kadar lauric acid dan capric acid dalam ASI. Sehingga, akan menghasilkan ASI yang kaya nutrisi dan meningkatkan kesehatan.

Selain itu, minyak kelapa juga mudah diserap dan dimanfaatkan oleh sistem pencernaan bayi yang belum matang. Dimana hal ini dapat memberikan pasokan energi dalam bentuk asam lemak rantai menengah untuk membantu bayi tumbuh dan berkembang dengan baik, seperti dikutip dari Modern Mom.


"Minyak kelapa mengandung sejumlah besar asam laurat, asam lemak anti mikroba yang kuat dimana melindungi sistem kekebalan tubuh janin dan bayi baru lahir. Ibu menyusui pun sebaiknya mengonsumsi minyak kelapa untuk meningkatkan kualitas lingkungan rahim dan ASI," ujar Dr Claudia Pillow.

Manfaat Tak Terduga Minyak Kelapa untuk Ibu MenyusuiManfaat minyak kelapa untuk ibu menyusui/ Foto: iStock
Melansir Unspringbaby, ibu menyusui juga dapat menggunakan minyak kelapa untuk menenangkan dan membantu menyembuhkan puting yang sakit dan pecah-pecah. Caranya, cukup oleskan sedikit minyak kelapa ke puting. Bunda pun tidak perlu membersihkanya sebelum menyusui karena minyak kelapa merupakan bahan alami sehingga aman dikonsumsi bayi.

Ibu menyusui juga dapat memanfaatkan minyak kelapa sebagai pengganti lemak dalam makanan. Bunda dapat melelehkannya di atas sayuran atau mencampurkannya ke sereal panas dan makanan lainnya. Atau, konsumsilah sesendok penuh minyak kelapa untuk meningkatkan energi dengan cepat.

Nah, selamat mencoba, Bun.

Bunda, ada tips mengatasi puting lecet saat menyusui nih, langsung cek video di bawah ya!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi