menyusui

Puting Lecet Akibat Menyusui, Coba 4 Obat Alami Ini

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 24 Sep 2019 18:01 WIB
Puting Lecet Akibat Menyusui, Coba 4 Obat Alami Ini
Jakarta - Nyeri hingga lecet di puting payudara, menjadi risiko yang tak terhindarkan bagi para ibu menyusui. Tak jarang, mereka memilih menghentikan proses menyusui untuk sementara waktu karena tak tahan dengan rasa nyerinya.

Menyembuhkan lecet dan nyeri di puting memang tidak bisa instan. Bunda harus bersabar dan menunggu lukanya berangsur membaik dengan pengobatan yang tepat.

Bunda harus waspada ketika nyeri dan lecet pada puting payudara tidak membaik dalam waktu yang cukup lama. Sebab, hal tersebut bisa mengindikasikan adanya masalah lain.


"Sakit di puting yang berkepanjangan tidaklah normal. Jika tidak lekas membaik dan berlangsung lebih dari seminggu biasanya mengindikasikan adanya masalah. Jangan menunggu satu bulan untuk mendapatkan bantuan dari medis," ujar Christina J. Valentine, MD, medical adsiver for Neonatal Nutrition and Lactation di Columbus Children Hospital, dikutip dari Parents.

Untuk menghindari ketidaknyamanan tersebut, selain memperbaiki teknik menyusui yang benar, Bunda juga sebaiknya mencoba pengobatan alami yang aman selama menyusui.

Puting Lecet Akibat Menyusui, Coba 4 Obat Alami IniObat alami atasi puting lecet/ Foto: iStock

Melansir Parenting First Cry, beberapa ramuan alami dapat membantu mengobati puting yang sakit akibat menyusui, Bun. Berikut ini beberapa diantaranya:

1.Cuka sari apel

Campurkan satu sendok makan cuka sari apel dalam secangkir air. Setelah menyusui, celupkan bola kapas ke dalam campuran tersebut dan peras cairan yang berlebihan. Oleskan dengan lembut pada puting dan areola. Campuran ini akan menghancurkan semua bakteri dan menjaga puting tetap bersih. Setelahnya, ambil satu sendok makan minyak kelapa dan oleskan ke puting. Ini akan memastikan bahwa puting tidak akan kering dan pecah-pecah.

2.Tea tree oil

Campurkan beberapa minyak tea tree oil dengan air hangat. Rendam kain katun dalam campuran tersebut dan oleskan dengan lembut pada puting. Biarkan mengering dan kemudian bilas dengan air bersih. Ini merupakan cara efektif dan menenangkan untuk mengobati puting yang sakit.

3.Oleskan ASI

Ini merupakan cara yang unik, Bun. ASI merupakan obat terbaik untuk puting yang sakit. Ini dikarenakan ASI memiliki sifat anti-bakteri dan dapat membantu menyembuhkan puting yang sakit, kering, atau pecah-pecah. Oleskan ASI pada puting setelah menyusui sekira 4 - 5 kali sehari.

4. Es batu

Kompres dingin bisa berguna untuk menenangkan puting yang sakit. Tempatkan beberapa keping es batu di kain katun, dan tekan dengan lembut pada puting selama sekitar 10 menit. Gunakan secara teratur untuk membantu menghilangkan rasa sakit.

Semoga membantu, Bun.

Simak juga cara memerah ASI menggunakan tangan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi