parenting

Kelapa, Bahan Alami untuk Atasi Sariawan pada Bayi

Annisa Karnesyia Senin, 19 Aug 2019 11:01 WIB
Kelapa, Bahan Alami untuk Atasi Sariawan pada Bayi
Jakarta - Sariawan merupakan hal yang bisa terjadi pada siapa saja. Tak terkecuali pada bayi. Meski pada faktanya, penyakit ini sangat jarang dialami bayi yang masih menyusu.

Dokter spesialis anak, dr.Melisa Anggraeni, MBiomed, Sp.A, mengatakan, bayi yang masih menyusui memiliki kekebalan tubuh sangat baik. Tapi, tidak menutup kemungkinan terjangkit sariawan, apalagi jika terpapar pengaruh lingkungan dan dalam fase oral.

"Pada fase oral, bayi cenderung memasukkan segala sesuatu ke dalam mulut, mulai dari tangan, sampai mainan-mainan yang bisa digigit. Kalau tidak dijaga kebersihannya bisa menjadi sariawan," ujar Melisa.


Agar tidak terjadi sariawan, Bunda harus menjaga kebersihan mulut si kecil, terutama sehabis menyusui. Jika sudah terlanjut sariawan, bisa diobati dengan obat tetes atau obat oles.

"Untuk bayi bisa dikasih obat tetes, tetapi sebenarnya yang paling baik adalah obat oles karena aman jika tercampur liur dan tertelan," kata Melanie, dikutip dari detikcom.

Untuk pemberian obat, tentunya Bunda harus berkonsultasi dulu ke dokter ya. Tapi, ada juga lho pengobatan alami yang membantu mengobati sariawan si kecil. Bunda bisa menggunakan bagian dan olahan buah kelapa.

Ilustrasi bayi sariawanIlustrasi bayi sariawan/ Foto: iStock

Kelapa memberikan efek mendinginkan dan biasa digunakan untuk meredakan nyeri sariawan. Bagian kelapa, yaitu air kelapa bisa diberikan pada si kecil sebagai upaya meredakan nyeri.

Ekstrak daging kelapa yang putih bisa dibuat menjadi air santan. Ini bisa digunakan sebagai pencuci mulut. Demikian melansir dari Parentlane.

Nah, minyak kelapa atau virgin coconut oil bisa digunakan sebagai obat oles di bagian yang sariawan. Bunda bisa berikan 3 sampai 4 kali sehari pada si kecil.

Minyak kelapa memang dikenal sebagai obat anti jamur dan mikroba. Mengutip Health Line, penelitian menunjukkan kalau minyak kelapa bisa menyembuhkan sariawan yang disebabkan bakteri dan mencegah penyebarannya.

Minyak ini juga merupakan anti inflamasi alami yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan nyeri, Bun. Pada bayi yang masih menyusui, Bunda bisa oleskan langsung ke area sariawan atau oleskan di puting susu ibu sebelum menyusui bayi.

Selain untuk mengatasi sariawan, air kelapa katanya baik untuk ibu hamil. Simak penjelasannya si video berikut ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi